Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER TERINTEGRASI QUR’AN SAINS MENGGUNAKAN BANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PENELITIAN DI MTS TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO KELAS VII)
XML
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANPOSTER TERINTEGRASI Al-QUR’AN DAN SAINS DENGANMENGGUNAKAN BANTUAN APLIKASI CANVA UNTUKMENINKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an JawaTengah di Wonosobo, 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Menguji kevalidan media pembelajaranposter terintegrasi Al-Qur’an dan Sains dengan bantuan aplikasi canva untukmeningkatkan hasil belajar siswa 2) Menguji kepraktisan media pembelajaranposter vterintegrasi Al-Qur’an dan Sains dengan bantuan aplikasi canva untukmeningkatkan hasil belajar siswa 3) Menguji keefektifan apakah mediapembelajaran poster vterintegrasi Al-Qur’an dan Sains dengan bantuan aplikasicanva untuk meningkatkan hasil belajar siswa mampu meningkatkan hasil belajarsiswa.Skripsi ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D)dengan model PLOMP Teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaranangket, tes, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dansekunder (buku yang berkaitan dengan materi Sistem tata surya, buku penelitian,artikel, situs internet, dan penelitian terdahulu). Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini yaitu, instrumen angket validitas modul, instrumen angketpraktikalitas, dan instrumen angket efektivitas. Adapun teknik analisis data yangdigunakan yaitu analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, analisisnormalitas, analisis homogenitas, analisis uji t, dan analisis uji N-Gain untukmenguji keefektifan produk dan peningkatan hasil belajar siswa.Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran poster vterintegrasi AlQur’andanSainsdenganbantuanaplikasicanvauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa,dan hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) media pembelajaran posterterintegrasi Al-Qur’an dan Sains dengan bantuan aplikasi canva untukmeningkatkan hasil belajar siswa valid untuk digunakan dalam kegiatanpembelajaran dengan hasil skor persentase validitas modul 88,00% yang termasukke dalam kategori sangat valid; 2) media pembelajaran poster terintegrasi AlQur’andanSainsdenganbantuanaplikasicanvauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapraktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan hasil skorpersentase praktikalitas modul sebesar 97,6% yang masuk kedalam kategorisangat praktis, dan 3) media pembelajaran poster terintegrasi Al-Qur’an dan Sainsdengan bantuan aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa efektifuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t dan uji NGaindanmenghasilkanadanyaperbedaanketerampilanhasilbelajarsiswaantarasebelumdan sesudah menggunakan modul yang dikembangkan. Kemudian daritinjauan persentase rata-rata nilai postest dan pretest yang menunjukan adanyapeningkatan hasil belajar siswa, dari yang sebelumnya 37,18 menjadi 82,81.
Kata kunci: Media pembelajaran poster, Integrasi Qur’an Sains, Hasil BelajarSiswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Alva Hidayatullah - Personal Name
|
Student ID |
2020020045
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |