• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI HUKUM NEWTON PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI HUKUM NEWTON

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Fisika

    PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI HUKUM NEWTON

    XML

    Pengembangan Handout Fisika Berbasis Experiential Learninguntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada MateriHukum Newton. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo,2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kevalidan pengembanganhandout fisika berbasis experiential learning untuk meningkatkan pemahamankonsep siswa kelas VIII pada materi hukum Newton 2) Mengetaui kepraktisanpengembangan handout fisika berbasis experiential learning untuk meningkatkanpemahaman siswa kelas VIII pada materi hukum Newton 3) Mengtahuikeefektifan pengembangan handout fisika berbasis experiential learning untukmeningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada materi hukum Newton.Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan atau Researchand Development (R&D). Model penelitian pengembangan yang dilakukan adalahmodel 4D atau Four-D. Adapun Teknik pengumpulan data melalui observasi,penyebaran angket dan tes. Instrumen penelitian yang dilakukan dalam penelitianini berupa instrument angket validasi handout, Instrument kepraktisan, daninstrument tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian iniadalah analisis validitas handout, analisis kepraktisan produk handout, dananalisis uji t dan uji N-Gain utuk mengetahui tingkat keefektifan handout dalammeningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.Hasil penelitian ini berupa handout berbasis experiential learning untukmeningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi hukum Newton,dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Handout berbasis experientiallearning yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan dalam kegiatanpembelajaran. Kevalidan atau kelayakan ini berdasarkan pada uji validasi yangtelah dilakukan pda dua dosen ahli dan seorang guru praktisi, dengan hasil ujivalidasi ahli materi mendapat skor rata-rata 4,7 dengan presentase sebesar 94%,ahli media mendapat skor rata-rata 3,6 dengan presentase sebesar 73%, ahlipraktisi mendapat skor rata-rata 3,6 dengan presentase sebesar 73%. Hasil tersebuttermasuk dalam kategori “layak” atau “valid”. 2). Handout berbasis experientiallearning yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam kegiatanpembelajaran. Kepraktisan berdasarkan pada uji kepraktisan oleh peserta didikdan guru IPA. Uji kepraktisan pada peserta didik mendapat skor rata-rata 4dengan persentase 80% sedangkan uji kepraktisan pada guru mendapat skordengan presentase sebesar 76% sehingga masuk kedalam kategori “praktis”. 3).Pengembangan handout berbasis experiential learning efektif untukmeningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hasil uji t pada pemahamankonsep diperoleh harga t hitung sebesar 0,434 dan t tabel untuk alfa 5% sebesar1,701.xix.
    Kata Kunci: Fisika, Pengembangan Handout, Kegiatan Pembelajaran.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Ayu Lestari - Personal Name
    Student ID
    2020020006
    Dosen Pembimbing
    Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Darul Muntaha, S.Sos.I., M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Dr. Sri Jumini, M.Pd. - - Ketua Penguji
    Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Penguji 2
    Kode Prodi PDDIKTI
    84203
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Fisika
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail