Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI HUKUM NEWTON
XML
Pengembangan Handout Fisika Berbasis Experiential Learninguntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada MateriHukum Newton. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo,2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kevalidan pengembanganhandout fisika berbasis experiential learning untuk meningkatkan pemahamankonsep siswa kelas VIII pada materi hukum Newton 2) Mengetaui kepraktisanpengembangan handout fisika berbasis experiential learning untuk meningkatkanpemahaman siswa kelas VIII pada materi hukum Newton 3) Mengtahuikeefektifan pengembangan handout fisika berbasis experiential learning untukmeningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada materi hukum Newton.Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan atau Researchand Development (R&D). Model penelitian pengembangan yang dilakukan adalahmodel 4D atau Four-D. Adapun Teknik pengumpulan data melalui observasi,penyebaran angket dan tes. Instrumen penelitian yang dilakukan dalam penelitianini berupa instrument angket validasi handout, Instrument kepraktisan, daninstrument tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian iniadalah analisis validitas handout, analisis kepraktisan produk handout, dananalisis uji t dan uji N-Gain utuk mengetahui tingkat keefektifan handout dalammeningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.Hasil penelitian ini berupa handout berbasis experiential learning untukmeningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi hukum Newton,dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Handout berbasis experientiallearning yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan dalam kegiatanpembelajaran. Kevalidan atau kelayakan ini berdasarkan pada uji validasi yangtelah dilakukan pda dua dosen ahli dan seorang guru praktisi, dengan hasil ujivalidasi ahli materi mendapat skor rata-rata 4,7 dengan presentase sebesar 94%,ahli media mendapat skor rata-rata 3,6 dengan presentase sebesar 73%, ahlipraktisi mendapat skor rata-rata 3,6 dengan presentase sebesar 73%. Hasil tersebuttermasuk dalam kategori “layak” atau “valid”. 2). Handout berbasis experientiallearning yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam kegiatanpembelajaran. Kepraktisan berdasarkan pada uji kepraktisan oleh peserta didikdan guru IPA. Uji kepraktisan pada peserta didik mendapat skor rata-rata 4dengan persentase 80% sedangkan uji kepraktisan pada guru mendapat skordengan presentase sebesar 76% sehingga masuk kedalam kategori “praktis”. 3).Pengembangan handout berbasis experiential learning efektif untukmeningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hasil uji t pada pemahamankonsep diperoleh harga t hitung sebesar 0,434 dan t tabel untuk alfa 5% sebesar1,701.xix.
Kata Kunci: Fisika, Pengembangan Handout, Kegiatan Pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ayu Lestari - Personal Name
|
Student ID |
2020020006
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |