PENGEMBANGAN MODEL MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MODEL MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

XML

Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Strategi Pembelajaran AktifTipe Prediction Guide Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi,Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an JawaTengah di Wonosobo, 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk menguji kevalidan modul pembelajaran denganstrategi pembelajaran aktif tipe prediction guide pada pembelajaran IPA materi pesawatsederhana. 2) Untuk menguji kepraktisan media pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktiftipe prediction guide pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana. 3) Untuk mengujipeningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan modul pembelajaran.Skripsi ini menggunakan sifat Research And Development (R&D), yaitu metode penelitianyang menghasilkan suatu produk (seperti model atau modul) dan memiliki efektivitas produk.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi.Kemudian, sumber data diperoleh diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (bukubukuIPA kelas VIII, refrensi yang berkaitan dengan pesawat sederhana, jenis-jenis pesawatsederhana, keuntungan mekanik, manfaat pesawat sederhana, skripsi, artikel-artikel, jurnal, dansitus internet). Adapun teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini berupa kuantitatif dankualitatif. Dimana data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran yang diperoleh dari angket ujiahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari skoryang diperoleh dalam angket. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah deskriptifkuantitatif. Data yang dianalisis meliputi kelayakan media dari ahli materi, ahli media, guru, danrespon yang diberikan peserta didik sebagai subjek uji coba.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul Pembelajaran IPA Berbasis StrategiPembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materiPesawat Sederhana yang telah dikembangkan oleh peneliti valid digunakan dalam kegiatanpembelajaran IPA. Kevalidan ini berdasarkan pada uji validasi oleh ahli materi dengan persentase98% dan ahli media 96% atau secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 97%. Hasiltersebut termasuk dalam kategori “sangat layak”. 2) Modul Pembelajaran IPA Berbasis StrategiPembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide pada materi Pesawat sederhana yang telahdikembangkan oleh peneliti praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kepraktisanini berdasarkan pada uji kepraktisan oleh pengguna (siswa) mendapatkan skor rata-rata 4,46dengan persentase 89% sehingga masuk ke dalam kategori “praktis”. 3) Pengembangan ModulPembelajaran IPA Berbasis Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide pada materiPesawat Sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari perhitungan menunjukkanbahwa t hitung = 21,203 dan t tabel dengan dk 8-18-2 = 34 dan taraf signifikan 5% = 1,739. Darihasil perhitungan diketahui 21,203 > 1,739 dan nilai p < 0,05, maka diketahui bahwat hitung berada pada daerah sehingga bisa disimpulkan bahwa Ha diterima dan ditolak.Selain itu adanya peningkatan nilai post-test yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa.Berdasarkan uji N-Gain didapatkan klasifikasi N-Gain sebesar 80% yang masuk dalam kategori“tinggi”. Artinya modul yang dikembangkan ini memiliki keefektifan untuk digunakan di sekolahsebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Pengembangan Modul, Tipe Prediction Guide, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Latifah - Personal Name
Student ID
2019020009
Dosen Pembimbing
Dr. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail