MUhammad Mauly Nur Firdaus
Pengarang
Meftahudin, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Dosen Pembimbing 1
Eko Prawoto, S.E., M.M
Penguji 1
Dr. Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA.
Penguji 2
Tujuan dengan diadakannya penelitian kali ini ialah sebagai karya ilmiah
untuk membuktikan bahwasanya pengaruh kualitas produk, pengembangan produk,
physical evidence, people, dan media sosial terhadap peningkatan penjualan kopi
Bowongso. Dalam penelitian kali ini untuk populasi yang diambil ialah konsumen
daripada kopi Bowongso, Wonosobo. Pengolahan data dalam penelitian ini ialah
dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil pada penelitian ini ialah
variabel kualitas produk, pengembangan produk, physical evidence, people, dan
media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan
kopi Bowongso. Dapat dibuktikan dengan kualias produk mendapatkan thitung 4,293
tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Pengembangan produk mendapatkan
nilai thitung 5,228 tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Physical evidence
mendapatkan nilai thitung 5,637 tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. People
mendapatkan thitung 6,647 tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Dan media
sosial mendapatkan nilai thitung 2,289 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,023
< 0,05. Dengan hasil pada uji Ajusted R Square mendapatkan hasil sebesar 96,7%
dengan sisanya ialah sebesar 3,3% yang dijelaskan oleh variabel lain dan tidak
dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas produk, pengembangan produk, physical evidence, people,
dan media sosial.