Latif Maulana Yusuf
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 2
Dr. Elfan Kaukab, S.E., M.M., M.H.I., MFP., CMA., CHRA., CRBC.
Dosen Pembimbing 1
Meftahudin, S.E., M.M.
Penguji 1
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Penguji 2
Tujuan-Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Presepsi Harga,Lokasi, Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan pelanggan pada TokoKelontong Salma Toserba di Sapuran.Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan toko Salma Toserbadi Sapuran dengan sampel sebanyak 93 responden. Data dikumpulkan dengankuesioner yang telah dibagikan secara langsung kepada pelanggan toko SalmaToserba. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji validitas, ujireliabilitas, uji F, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas,analisis linier berganda, uji t, uji koefisien determinasi. Pengolahan datamenggunakan SPSS 25.Hasil-penelitian menunjukkan variabel harga berpengaruh positif terhadapkepuasan pelanggan toko Salma Toserba yang dibuktikan dengan nilai t hitungsebesar 4,601 > t tabel 1,988 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Lokasi berpengaruhpositif terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan nilai t hitung 2,347> t tabel 1,988 dengan signifikasi 0,021 < 0,05. Pelayanan berpengaruh positifterhadap kepuasan pelanggan toko Salma Toserba yang dibuktikan dengan t hitung2,104 > t tabel 1,988 dengan signifikasi 0,038 < 0,05. Kualitas Produk berpengaruhpositif terhadap kepuasan pelanggan toko Salma Toserba yang dibuktikan dengan thitung 3,693 > t tabel 1,988 dengan signifikasi 0,000 < 0,05.Keterbatasan-Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.Dengan demikian penelitian ini bergantung pada kemampuan responden dalammemahami setiap pertanyaan.Agenda Penelitian yang akan Datang-Penelitian selanjutnya diharapkan dapatmengembangkan penelitian ini dengan menambahkan atau mengganti variabel danindikator lain.
Kata kunci: Presepsi Harga, Lokasi, Pelayanan, Kualitas Produk, KepuasanPelanggan