Lina Qori'ah
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 2
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Penguji 1
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Relationship
Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pasar Sayur Sore Kertek
Wonosobo. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Pasar Sayur Sore Kertek
Wonosobo. Dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling.
Sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 80 responden yang
merupakan pelanggan Pasar Sayur Sore Kertek Wonosobo. Data analisismenggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan berpengaruh positif terhadap Loyalitas
Pelanggan dengan nilai thitung 5.187 > ttabel 1.971. Variabel Komitmen berpengaruhpositif terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai thitung 3.715 > ttabel 1.971.
Variabel Komunikasi berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan dengan
nilai thitung 2.524 > ttabel 1.971. Variabel Penanganan Konflik berpengaruh positiferhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai thitung 2.170 > ttabel 1.971.
Kata kunci: Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik,
dan Loyalitas Pelanggan.