Dina Elika Lestari
Pengarang
Muhamad Asif Maulana Akbar, S.M.,M.M.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 1
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Penguji 2
Dr. Ahmad Guspul, S.E, M.M.
Penguji 1
Diera teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, persaingan
dalam pemasaran digital semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh dimensi conten marketing yaitu reader cognition, sharing
motivaion, persuasion, decisio making, dan life faktor pada media sosial terhadap
customer engagement. Penelitian ini dilakukan terhadap customers media sosial
riacake wonosobo yaitu pada instagram dan tiktok. Metode yang digunakan adalah
metode penelitian kuantitatif deskriptife dengan teknik random sampling dan
diketahui jumlah sampel sebanyak 108 customers yang dihitung dengan rumus hair.
Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden dalam bentuk daftar
pernyataan, dan diolah menggunakan SPSS 25. Dimensi content marketing yaitu
reader cognition tidak berpengaruh terhadap customer engagement, sharing
motivasion berpengaruh terhadap customer engagement, persuasion berpengaruh
terhadap customer engagement, decision making berpengaruh terhadap customer
engagement, dan life faktor berpengaruh terhadap customer engagement. Diperoleh
hasil R square sebanyak 52,3 % dan 47,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar
penelitian ini.
Kata kunci : Content marketing, Customer engagement