Prodi Manajemen
ANALYSIS OF MSME CUSTOMER PERCEPTION THROUGH SENTIMENT REVIEWS USING K-MEANS CLUSTERING
XML
Teknologi digital terus mengalami perkembangan tanpa henti dan menciptakan perubahan mendasarbagi bisnis, sehingga membuka peluang baru namun juga memunculkan ketidakpastian yang lebihkompleks Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pelanggan UMKM menggunakanulasan Google Maps dengan model K-Means Clustering. Dataset diambil melalui web scraping dandiproses dengan analisis sentimen berbasis Python. Hasil menunjukan persepsi pelanggan secaralebih terstruktur dengan menggunakan Model K-Means dan analisis sentimen. Sebagian besar ulasanadalah positif, dengan fokus pada lokasi, kualitas produk, dan harga.
Kata kunci: customer perceived value , k-Means, UMKM, python , ulasan sentimen
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sri Wulandari - Personal Name
|
Student ID |
2021110152
|
Dosen Pembimbing |
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA - - Dosen Pembimbing 1
Bahtiar Efendi, S.E., M.M - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Manajemen
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |
Lampiran Berkas
LOADING LIST...