ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MELALUI SENTIMEN ULASAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Detail Cantuman

Prodi Manajemen

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MELALUI SENTIMEN ULASAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

XML

Kemajuan teknologi digital telah menghasilkan sejumlah besar data yang dihasilkan olehpengguna internet aktif. Pada penelitian ini, fokusnya adalah menganalisis sentimen pelangganterhadap UMKM yang berjualan di platform Tokopedia. Analisis dilakukan denganmenggunakan metode algoritma naïve bayes dan Net Promoter Score (NPS) untuk mengukurkepuasan pelanggan. Temuan menunjukkan bahwa 75,69% dari sentimen pelanggan adalahpositif, 11,08% netral, dan 13,23% negatif. Model Multinomial Naive Bayes yang digunakanmencapai tingkat akurasi 80%, dengan presisi, recall, dan F1-Score yang mencapai 80%. Selainitu, nilai NPS yang dihitung adalah 62,46%, menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan puasdengan UMKM di Tokopedia
Kata kunci: Analisis Sentimen, Naive Bayes, UMKM, Tokopedia, Kepuasan Pelanggan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhamad Arsadhana - Personal Name
Student ID
2021110224
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Published
Departement
Manajemen
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail