Muhamad Arsadhana
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Penguji 1
Dr. Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA.
Penguji 2
Kemajuan teknologi digital telah menghasilkan sejumlah besar data yang dihasilkan olehpengguna internet aktif. Pada penelitian ini, fokusnya adalah menganalisis sentimen pelangganterhadap UMKM yang berjualan di platform Tokopedia. Analisis dilakukan denganmenggunakan metode algoritma naïve bayes dan Net Promoter Score (NPS) untuk mengukurkepuasan pelanggan. Temuan menunjukkan bahwa 75,69% dari sentimen pelanggan adalahpositif, 11,08% netral, dan 13,23% negatif. Model Multinomial Naive Bayes yang digunakanmencapai tingkat akurasi 80%, dengan presisi, recall, dan F1-Score yang mencapai 80%. Selainitu, nilai NPS yang dihitung adalah 62,46%, menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan puasdengan UMKM di Tokopedia
Kata kunci: Analisis Sentimen, Naive Bayes, UMKM, Tokopedia, Kepuasan Pelanggan