Wiwid Setyawan
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Dr. Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Penguji 2
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh variabel produk, harga,
tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap tingkat penjualan di UD.
Dieng Agripina Wonosobo. Dalam penelitian ini, sampel diambil menggunakan
teknik random sampling. Metode yang diterapkan adalah analisis regresi linear
berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui
penyebaran kuesioner kepada 135 konsumen UD. Dieng Agripina. Hasil analisis
menunjukkan bahwa semua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap
tingkat penjualan. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh mengindikasikan
bahwa produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik dapat
menjelaskan sebesar 43,7% variasi tingkat penjualan.Temuan ini memberikan
implikasi praktis bagi manajemen UD. Dieng Agripina tentang pentingnya
penerapan Marketing Mix 7P. Dengan strategi pemasaran yang mempertimbangkan
aspek produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik, diharapkan
dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.
Kata kunci : produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik, tingkat
penjualan