• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[KRITIK MASKULINITAS TUHAN DAN NABI:]]> Wahidatun Nisa’ Pengarang Maurisa Zinira, S.Thi., M.A Dosen Pembimbing 1 Dr.Reni Nur Aniroh, sy., M.S.I. Dosen Pembimbing 2 Arif Al-Wasim, S.Pt., M.S.I. Penguji 1 Sawaun, Alh., S.Th.I., M.Hum Penguji 2 Maurisa Zinira, S.Th.I., M.A. Ketua Penguji
    Penelitian ini diangkat karena terdapat kecendrungan untuk menafsirkan Tuhan dan Nabi dengan simbol-simbol maskulin, yang dijadikan dasar legitimasi hierarki gender dan marginalisasi perempuan. Untuk mengatasi pemahaman yang keliru tentang maskulinitas dalam tradisi Islam, Asma Barlas memberikan penawaran baru terhadap penarsiran Al-Qur’an dengan memberikan kritik mendalam terhadap penafsiran patriarkal. Pemikiran Barlas terangkum dalam bukunya Beliving Women in Islam, yang diterbitkan pertama kali di Amerika pada tahun 2002, dan menjadi salah satu refrensi penting dalam kajian geder. Pemikiran Barlas menjadi penting karena karena selain wacana maskulinitas hegemonic dalam keagamaan masih jarang dikaji, terutama yang berkaitan dengan konsep ketuhanan dan kenabian. Penelitian ini bertujuan mengisi celah kajian tersebut dengan menghubungkan maskulinitas hegemonic R.W.Connel dan hermeneutika kritis Jurgen Habermas untuk menganalisi kontribusi pemikirannya terhadapa wacana gender. Adapun rumusan masalah yang akan menjadi dasar penelitian ini adalah bagaimana pandangan Asma Barlas terhadap askulinitas Tuhan dan Nabi dan kritiknya terhadap tarsir-tafsir yang menjadi legitim asi hierarki gender, serta bagaimana Asma Barlas memberikan kontribusi terhadap wacana gender dari pemikirannya. Beberapa hasil temuan dalam penelitian ini antara lain: (1) Pandangan Asma Barlas terkait maskulinitas Tuhan menegaskan bahwa Allah bersifat tansenden, melampaui kategori gender, dan tidak dapat direduksi menjadi sifat maskulin atau feminine, sebagaimana terlihat dalam penggunaan istilah Huwa alam Al-Qur’an. Konsep Tauhid menjadi dasar argumennya untuk menolak legitimasi patriarki atas nama Tuhan. Dalam konteks Nabi Muhammad, Barlas menolak gambaraan patriarkal dan menekankan Nabi sebagai pembawa prinsip keadilan, dengan merujuk pada QS. Al-Ahzab: 40 ysng menunjukkan Nabi bukan sebagai “ayah” patriarkal melainkan pembimbing umat. Menggunakan teori maskulinitas hegemonic Connel, Barlas mengkritik tafsir klasik yang menghasilkan hierarki gender, seraya menekankan kesetaraan ontologies manusia dalam konsep Tauhid. (2) Barlas mendorong pembacaan ulang yang inklusif, diman aperempuan berperan aktif sebagai penafsir, dan menolak makna literal patriarkal. Meski membuka ambiguitas, kritik Barlas terhadap maskulinitas patriarkal membuka diskusi tentang bagaimana maskulinitas Tuhan dapat dipahami secra simbolis dan non-biologis. Kata Kunci: Asma Barlas, Maskulinitas Tuhan dan Nabi, Gender Islam.