Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsi
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF AL-QUR’AN
XML
Tulisan ini mengkaji konsep "Merdeka Belajar" yang diperkenalkan oleh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam putusan Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan
Pendidikan Karakter (PPK) tentang pendidikan karakter yang ada di dalam konsep
merdeka belajar sebagai respons terhadap tantangan pendidikan di era Revolusi
Industri 4.0.
Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan
memberikan kebebasan kepada siswa dalam proses belajar, sehingga mereka dapat
mengeksplorasi minat dan potensi diri secara lebih optimal. Melalui pendekatan ini,
siswa diharapkan tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga aktif dalam
proses pembelajaran, yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis,
kreatif, dan mandiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana prinsip pendidikan
karakter dalam konsep "merdeka belajar"? (2) Bagaimana relevansi prinsip
pendidikan karakter tersebut dengan prinsip pendidikan dalam Al-Qur’an?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis
penelitian kualitatif yang didasarkan pada penelitian kepustakaan dan berpusat pada
Penelitian yang mengeksplorasi relevansi prinsip-prinsip pendidikan karakter
dalam "Merdeka Belajar" dengan ajaran Al-Qur'an, yang menekankan pentingnya
pendidikan karakter, kemandirian, dan integritas. Prinsip-prinsip seperti tauhid,
iqra', tazkiyah, dan hikmah diidentifikasi sebagai landasan penting dalam
membentuk individu yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Dengan
mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam sistem pendidikan modern,
diharapkan dapat tercipta generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi
juga memiliki karakter yang kuat, empati, dan rasa tanggung jawab sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana
"Merdeka Belajar" dapat diimplementasikan secara efektif dalam konteks
pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an, sehingga siswa dapat
berkontribusi positif bagi masyarakat dan menghadapi tantangan global dengan
percaya diri.
Kata Kunci: Merdeka Belajar, pendidikan karakter, Al-Qur'an.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ahmad Nurul Hadi Ramdhani - Personal Name
|
Student ID |
2021080096
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A - - Ketua Penguji
Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I - - Penguji 1 Sawaun, Alh., S.Th.I., M.Hum - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
76231
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |