• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF AL-QUR’AN]]> Ahmad Nurul Hadi Ramdhani Pengarang Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. Dosen Pembimbing 2 Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A Dosen Pembimbing 1 Sawaun, Alh., S.Th.I., M.Hum Penguji 2 Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I Penguji 1 Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A Ketua Penguji
    Tulisan ini mengkaji konsep "Merdeka Belajar" yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam putusan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tentang pendidikan karakter yang ada di dalam konsep merdeka belajar sebagai respons terhadap tantangan pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan kebebasan kepada siswa dalam proses belajar, sehingga mereka dapat mengeksplorasi minat dan potensi diri secara lebih optimal. Melalui pendekatan ini, siswa diharapkan tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga aktif dalam proses pembelajaran, yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana prinsip pendidikan karakter dalam konsep "merdeka belajar"? (2) Bagaimana relevansi prinsip pendidikan karakter tersebut dengan prinsip pendidikan dalam Al-Qur’an? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang didasarkan pada penelitian kepustakaan dan berpusat pada Penelitian yang mengeksplorasi relevansi prinsip-prinsip pendidikan karakter dalam "Merdeka Belajar" dengan ajaran Al-Qur'an, yang menekankan pentingnya pendidikan karakter, kemandirian, dan integritas. Prinsip-prinsip seperti tauhid, iqra', tazkiyah, dan hikmah diidentifikasi sebagai landasan penting dalam membentuk individu yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam sistem pendidikan modern, diharapkan dapat tercipta generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, empati, dan rasa tanggung jawab sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana "Merdeka Belajar" dapat diimplementasikan secara efektif dalam konteks pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an, sehingga siswa dapat berkontribusi positif bagi masyarakat dan menghadapi tantangan global dengan percaya diri. Kata Kunci: Merdeka Belajar, pendidikan karakter, Al-Qur'an.