• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • MODEL TAFSIR AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL: STUDI PENAFSIRAN ISMAIL AL-ASCHOLY MODEL TAFSIR AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL: STUDI PENAFSIRAN ISMAIL AL-ASCHOLY

    Detail Cantuman

    Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsi

    MODEL TAFSIR AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL: STUDI PENAFSIRAN ISMAIL AL-ASCHOLY

    XML

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model tafsir Al-Qur’an di media
    sosial dengan studi kasus pada akun Instagram @ismailascholy yang dikelola oleh
    Ismail al-Ascholy. Fokus penelitian mencakup metode, sumber, dan corak
    penafsiran yang digunakan dalam menyampaikan konten tafsir Al-Qur’an, serta
    menganalisis kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan
    pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi menurut Harold D. Lasswell. Data
    primer berupa unggahan teks, gambar, dan video pada akun @ismailascholy yang
    relevan dengan tafsir Al-Qur’an, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur
    terkait tafsir di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ismail alAscholy

    menggunakan metode tafsir yang beragam, namun secara garis besar
    menggunakan metode tematik (mauḍū‘ī) dengan pendekatan kontekstual.
    Penafsiran yang disajikan tidak hanya menjelaskan ayat secara literal tetapi juga
    relevan dengan isu-isu sosial dan tantangan kehidupan modern. Selain itu, konten
    tafsir ditampilkan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami, disertai visual
    yang menarik namun tetap mempertahankan substansi keilmuan.
    Kelebihan utama dari akun ini adalah penyajian konten yang ringkas,
    komunikatif, dan relevan dengan audiens muda. Namun, penelitian ini juga
    menemukan beberapa kelemahan, seperti kurangnya kedalaman analisis pada
    beberapa tema tertentu serta keterbatasan interaktivitas dengan audiens karena
    sebagian besar konten hanya tersedia dalam format sorotan (highlights). Penelitian
    ini menyimpulkan bahwa akun @ismailascholy memberikan kontribusi penting
    dalam modernisasi penyampaian tafsir Al-Qur’an melalui media sosial dengan
    pendekatan yang adaptif terhadap era digital. Penelitian ini diharapkan dapat
    menjadi referensi bagi pengembangan kajian tafsir Al-Qur’an di media sosial dan
    mendorong para kreator konten keagamaan untuk meningkatkan kualitas dan
    validitas konten yang mereka hasilkan.

    Kata kunci: Tafsir Media Sosial, Instagram, Ismail al-Ascholy


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Zahra Azka Kamilah - Personal Name
    Student ID
    2021080054
    Dosen Pembimbing
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    76231
    Edisi
    Published
    Departement
    Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail