• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[MODEL TAFSIR AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL:]]> Zahra Azka Kamilah Pengarang Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I Dosen Pembimbing 2 Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A Dosen Pembimbing 1 Arif Al-Wasim, S.Pt., M.S.I. Penguji 1 Sawaun, Alh., S.Th.I., M.Hum Penguji 2 Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A Ketua Penguji
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model tafsir Al-Qur’an di media sosial dengan studi kasus pada akun Instagram @ismailascholy yang dikelola oleh Ismail al-Ascholy. Fokus penelitian mencakup metode, sumber, dan corak penafsiran yang digunakan dalam menyampaikan konten tafsir Al-Qur’an, serta menganalisis kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi menurut Harold D. Lasswell. Data primer berupa unggahan teks, gambar, dan video pada akun @ismailascholy yang relevan dengan tafsir Al-Qur’an, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur terkait tafsir di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ismail alAscholy menggunakan metode tafsir yang beragam, namun secara garis besar menggunakan metode tematik (mauḍū‘ī) dengan pendekatan kontekstual. Penafsiran yang disajikan tidak hanya menjelaskan ayat secara literal tetapi juga relevan dengan isu-isu sosial dan tantangan kehidupan modern. Selain itu, konten tafsir ditampilkan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami, disertai visual yang menarik namun tetap mempertahankan substansi keilmuan. Kelebihan utama dari akun ini adalah penyajian konten yang ringkas, komunikatif, dan relevan dengan audiens muda. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kelemahan, seperti kurangnya kedalaman analisis pada beberapa tema tertentu serta keterbatasan interaktivitas dengan audiens karena sebagian besar konten hanya tersedia dalam format sorotan (highlights). Penelitian ini menyimpulkan bahwa akun @ismailascholy memberikan kontribusi penting dalam modernisasi penyampaian tafsir Al-Qur’an melalui media sosial dengan pendekatan yang adaptif terhadap era digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kajian tafsir Al-Qur’an di media sosial dan mendorong para kreator konten keagamaan untuk meningkatkan kualitas dan validitas konten yang mereka hasilkan. Kata kunci: Tafsir Media Sosial, Instagram, Ismail al-Ascholy