Latifatul Jazilah
Pengarang
Drs. Samsul Munir Amin, M.A.
Dosen Pembimbing 1
Samsurrohman, Alh., M. S. I.
Dosen Pembimbing 2
Drs. Samsul Munir Amin, M.A.
Penguji 1
Drs. Moh. Amin,M.Pd.I
Ketua Penguji
Samsurrohman, Alh., M. S. I.
Penguji 2
Berkat pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
mempengaruhi mudahnya akses segala fasilitas digital, hal tersebut menyebabkan
khlayak asal-asalan atau tanpa mengetahui ilmu pemanfaatannya. Salah satunya
dalam membuat sebuah video atau film, apabila gambar yang diambil tidak sesuai
kaidahnya maka pesan yang disampaikan tidak akan efektif. Hal itu tidak menjadi
penting jika video tersebut hanya menjadi konsumsi pribadi, lain halnya jika sebuah
video akan dipublikasikan secara luas layaknya sebuah iklan, maka pengetahuan
mengenai teknik sinematografi harus dikuasai. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui teknik sinematografi yang digunakan pada film pendek Akad
iklan PMB UNSIQ Tahun 2024 serta pesan yang terkandung melalui teknik
pengambilan gambarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori 5c sinematografi yang
dikemukakan oleh Josep V.Mascelli yaitu camera angle (sudut pengambilan
gambar), continuity (kesinambungan gambar), cutting (editing), close up (ukuran
gambar), composition (komposisi). Data yang mendukung hasil penelitian ini
berupa data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi penelitian. Berdasarkan
hasil pengamatan dan wawancara, film pendek Akad Iklan PMB UNSIQ TAHUN
2024 menerapkan semua elemen teori 5c sinematografi dan terdapat pesan yang
terkandung berdasarkan motivasi shot yang diambil.
Kata Kunci: Film, Sinematografi, Teori 5c