Prodi Komunikasi & Penyiaran I
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM IKLAN SASA “WE ARE MSG (MICIN SELF APPROVED GENERATION)” DI INSTAGRAM TERHADAP PERSEPSI GENERASI Z
XML
Perkembangan pesat teknologi digital mengubah lanskap media massa
secara signifikan, khususnya dalam bidang periklanan digital. Karena
popularitasnya, Instagram menjadi platform yang sangat efektif untuk beriklan.
Sasa menggunakan platform Instagram sebagai media komunikasi untuk
membentuk persepsi publik mengenai produk yang mereka promosikan.
Instagram sebagai platform media sosial yang berorientasi visual, berperan
penting dalam membentuk opini publik dan menetapkan agenda berbagai isu.
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi yang diterapkan dalam iklan
Sasa “We are MSG (Micin Self Approved Generation) di Instagram serta
pengaruhnya terhadap persepsi generasi Z. Dengan menggunakan teori agenda
setting, penelitian ini menganalisis bagaimana iklan Sasa dalam membentuk
persepsi audiens melalui konten iklan yang kreatif dan relevan dengan audiens
melalui media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan
oleh Sasa berhasil menarik perhatian generasi Z dengan memanfaatkan isu yang
sedang tren yang dikemas melalui bahasa visual yang sesuai dengan selera
audiens. Setelah menonton iklan tersebut, generasi Z memberikan persepsi positif
terhadap produk. Penelitian ini menekankan pentingnya strategi komunikasi yang
efektif di media sosial dalam memengaruhi persepsi audiens target, terutama
generasi Z.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Instagram, Generasi Z
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ratih Larasati - Personal Name
|
Student ID |
2021050012
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Komunikasi dan Penyiaran Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |