• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[ANALISIS MODEL PENDIDIKAN POLITIK DI KALANGAN NARAPIDANA]]> Waltinah Pengarang Munadi, S.Pd., M.si Dosen Pembimbing 1 Dwian Hartomi Akta padma Eldo,S.IP,.M.IP Dosen Pembimbing 2 Drs. Moh. Amin,M.Pd.I Ketua Penguji Munadi, S.Pd., M.si Penguji 1 Dwian Hartomi Akta padma Eldo,S.IP,.M.IP Penguji 2
    Pendidikan politik merupakan proses pendidikan yang sistematis dan terencana, bertujuan membentuk individu yang mampu menjadi partisipan yang etis dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan politik. Pendidikan ini diberikan kepada seluruh warga negara, termasuk narapidana, sebagai bagian dari pemenuhan hak asasi yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999. Pasal 1 ayat 3 peraturan tersebut menggarisbawahi bahwa pendidikan dan pengajaran merupakan upaya sadar untuk menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan melalui bimbingan atau latihan, yang mempersiapkan mereka bagi peran yang akan dijalani di masa mendatang. Pendidikan politik di rutan diperlukan karena narapidana tetap memiliki status sebagai warga negara dengan hak-hak dasar, termasuk hak untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi. Pemenuhan hak ini sejalan dengan prinsip hak asasi manusia dan bertujuan untuk mempersiapkan narapidana agar mampu menjalani kehidupan yang lebih baik setelah bebas. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang lebih memfokuskan pada proses daripada hasil. Penelitian ini berlandaskan pada teori pendidikan politik dan konsep rehabilitasi sosial, yang relevan dengan konteks analisis model pendidikan politik di kalangan narapidana. Penelitian dilakukan pada kondisi objek yang alamiah, di mana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi dari berbagai narasumber, seperti petugas Rutan Kelas IIB Wonosobo, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan narapidana, guna mendapatkan pemahaman yang mendalam terkait model pendidikan politik yang diterapkan. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tambahan yang relevan, seperti materi program, jadwal kegiatan, dan laporan pelaksanaan pendidikan politik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan politik memiliki peran krusial dalam rehabilitasi dan reintegrasi sosial narapidana. Model pendidikan politik di Rutan Kelas IIB Wonosobo tidak hanya memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga melatih keterampilan kritis yang diperlukan untuk terlibat dalam kehidupan demokratis. Program ini, meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan stigma sosial, efektif dalam mempersiapkan narapidana untuk kembali ke masyarakat sebagai agen perubahan yang aktif. Penelitian ini merekomendasikan perluasan dan peningkatan program pendidikan politik dengan melibatkan lebih banyak pihak, guna memperkuat reintegrasi sosial narapidana dan mengurangi angka residivisme. Di Rutan Kelas IIB Wonosobo, pendidikan politik bagi narapidana difokuskan pada pendekatan edukatif dan praktik langsung. Program ini mencakup pengajaran teori politik, yang disampaikan oleh para pemateri yang kompeten di bidangnya, dan dilengkapi dengan pengalaman langsung melalui partisipasi dalam kegiatan demokrasi seperti pemilu. Partisipasi narapidana dalam Pemilu 2024 termasuk dalam memilih calon presiden, wakil presiden, serta perwakilan legislatif, yang mendorong narapidana untuk turut aktif dalam kehidupan demokrasi.