Ari Dwi Supriyono
Pengarang
Wiji Lestarini, S.T., M.T
Dosen Pembimbing 1
Ahmad Alfin, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing 2
Tri Hidayat,S.T.,M.T
Penguji 1
Ir. Ashal Abdussalam, S.T., M.T.
Penguji 2
Ahmad Alfin, S.T., M.T.
Ketua Penguji
Kemacetan lalu lintas telah menjadi masalah klasik di kota-kota besar,
Terutama di negara berkembang seperti indonesia. Beragam faktor dapat
Menyebabkan terjadinya kemacetan tersebut, sehingga diperlukan penelitian
Mendalam untuk memahami fenomena ini dan merancang solusi yang efektif bagi
Semua pihak.
Kemacetan ini sering kali timbul akibat aktivitas yang melibatkan
Percampuran arus lalu lintas lokal dan regional. Penelitian ini bertujuan untuk
Menganalisis tingkat pelayanan dan kinerja jalan raya kaligawe genuk kota
Semarang, dengan harapan dapat merumuskan alternatif tindakan yang tepat untuk
Mengatasi masalah kemacetan lalu lintas.
Biaya operasional kendaraan (bok) pada kondisi terjadi ada hambatan pada
Titik 1 (satu) yaitu sebesar rp. 2.575.887 /jam dan total nilai total nilai kondisi normal
Yaitu sebesar rp. 2.745.010 /jam. Maka dapat disimpulkan kerugian bok akibat
Terjadi kemacetan di ruas jalan kaligawe genuk kota semarang sebesar 0,6 %. Pada
Kondisi terjadi ada hambatan pada titik 2 (dua) yaitu sebesar rp. 2.518.745 /jam dan
Total nilai total nilai kondisi normal yaitu sebesar rp. 2.531.627 /jam. Maka dapat
Disimpulkan kerugian bok akibat terjadi kemacetan di ruas jalan kaligawe genuk
Kota semarang sebesar 0,5 %. Pada kondisi terjadi ada hambatan pada titik 3 (tiga)
Yaitu sebesar rp. 2.595.467 /jam dan total nilai total nilai kondisi normal yaitu
Sebesar rp. 2.552.574 /jam. Maka dapat disimpulkan kerugian bok akibat terjadi
Kemacetan di ruas jalan kaligawe genuk kota semarang sebesar 0,16 %.
Kata kunci: transportasi , kemacetan, lalu lintas, bok