Prodi Teknik Sipil
ANALISIS AKSESIBILITAS HALTE DAN PELAYANAN BUS TRANS JATENG MAGELANG -PURWOREJO
XML
Penelitian ini membahas tentang bus trans jateng magelang- purworejo,
Sebuah sistem transportasi masal berbasis bus yang dikelola oleh teman bus di
Kabupaten magelang. Layanan ini dimulai pada 1 september 2020 melalui
Kerjasama antara pt trans jateng dan teman bus, dengan tujuan untuk menjadi
Pilihan utama masyarakat dalam mobilitas sehari-hari. Menggunakan model buy
The service (bts) dari kementerian perhubungan, bus trans magelang-
Purworejo dirancang untuk menyediakan transportasi yang ekonomis, mudah
Diakses, andal, dan nyaman. Meskipun telah beroperasi selama empat tahun, minat
Masyarakat terhadap layanan ini masih belum maksimal, hal ini tercermin dari
Dominasi penggunaan kendaraan pribadi dan sebagian besar penumpang yang
Merupakan pelajar.penelitian ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi
Tingkat aksesibilitas halte, yaitu jarak, waktu tempuh, biaya, frekuensi, dan kondisi
Tranportasi.
Metode deskriptif dengan menggunakan teknik kuantitatif. Berfokus pada
Karakteristik pengguna, aksesibilitas halte, serta kualitas pelayanan bus. Data
Dikumpulkan melalui survei atau kuesioner yang disebarkan kepada 303
Responden, kemudian dianalisis menggunakan spss versi 25.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
Mempengaruhi frekuensi penggunaan bus trans jateng serta aksesibilitas layanan
Transportasi berdasarkan jarak, waktu tempuh, dan biaya. Hasil penelitian
Menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan (53%), berusia 10–
20 tahun (26%), pelajar/mahasiswa (20%), dan tujuan perjalanan terbanyak
Adalah menuju purworejo (53%). Frekuensi penggunaan bus juga dipengaruhi
Oleh faktor-faktor tersebut, dengan sebagian besar pengguna menggunakan bus 1–
7 kali dalam seminggu. Aksesibilitas transportasi menggunakan variabel jarak,
Waktu tempuh, dan biaya berdasarkan responden pengguna bus trans jateng.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
Antara variabel jarak (r = 0,474), waktu tempuh (r = 0,721), dan biaya (r = 0,772)
Terhadap aksesibilitas. Sumbangan efektif ketiga variabel tersebut terhadap
Aksesibilitas mencapai 69,7%, sementara 0,066% sisanya dapat dijelaskan oleh
Variabel lain yang tidak diteliti. Selain itu, penelitian ini juga menemukan
Hubungan signifikan antara kondisi transportasi dengan frekuensi penggunaan
Halte, dengan koefisien korelasi t hitung 9,672 (sig = 0,000), yang menunjukkan
Pengaruh positif yang kuat antara kondisi transportasi dan frekuensi penggunaan
Halte.
Penelitian ini bertujuan untuk perlu diperbanyak jumlah variabel untuk
Ketepatan penelitian, untuk metode penelitian sebaiknya menggunakan metode
Amos (analysis of moment structures).
Kata kunci : bus trans magelang-purworejo, buy the service, aksesibilitas,
Karakteristik pengguna.
Detail Information
Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Asep Mulyana - Personal Name
|
Student ID |
2020140089
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Ahmad Alfin, S.T., M.T. - - Ketua Penguji
Tri Hidayat,S.T.,M.T - - Penguji 1 Ir. Ashal Abdussalam, S.T., M.T. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |