Prodi Teknik Sipil
PERILAKU PERGERAKAN MASYARAKAT PINGGIRAN KOTA MAGELANG
XML
Pertumbuhan kota magelang yang pesat, permintaan akan perumahan di
Pinggiran kota meningkat. Hal ini memicu peningkatan pergerakan harian menuju
Pusat kota kabupaten magelang dengan porsi pergerakan harian menuju pusat
Kota yang tinggi karena rata-rata penduduknya beraktivitas di kota. Tingginya
Pergerakan ke pusat kota di daerah tersebut, serta faktor lokasi yang jauh dari
Pusat pemenuhan fasilitas berpengaruh terhadap perbedaan perilaku individu
Dalam memutuskan perjalanan hariannya. Hal tersebut menjadi menarik untuk
Dikaji, bagaimana perilaku pergerakan masyarakat pinggiran kota magelang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik bangkitan perjalanan di
Tiga kawasan perumahan yang berbeda di kota magelang. Survei ini dilakukan
Dengan cara mengisi kuisioner di dalam google form. Menganalisis data dengan
Metode statistik deskriptif uji korelasi dan regresi linear berganda, menggunakan
Software spss.
Hasil penelitian menunjukkan karakteristik perilaku perjalanan masyarakat
Pinggiran kota magelang didapatkan bahwa mayoritas bertujuan untuk bekerja
Menggunakan moda transportasi kendaraan pribadi 59% responden berjenis
Kelamin laki-laki, berusia 36-45 tahun sebesar 37,30%, berpendidikan terakhir
Sma sebesar 57,60%, bertempat tinggal milik sendiri sebesar 85,37 %, dengan
Waktu tempuh dari tempat tinggal menuju tujuan perjalanan 6-10 menit sebesar
55,53%, menghabiskan ½ liter bahan bakar sebesar 35,37%, dengan biaya bahan
Bakar rp. 11.000-15.000 sebesar 34,30%, serta ada anggota keluarga lain yang
Bekerja sebanyak 67,77%, tidak ada anggota keluarga lain yang bersekolah sma
Atau kuliah sebesar 47,83%, dan total penghasilan sebesar rp. 2.000.0003.4999.999
Sebanyak 22,63%. Model persamaan regresi linear berganda yang
Dihasilkan adalah : y = 0,197 + 0,364 x2. Faktor yang mempengaruhi bangkitan
Perjalanan pada perumahan pinggiran kota magelang adalah status pekerjaan
(x2) terhadap intensitas perjalanan (y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang
Menunjukkan bahwa status pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap intensitas
Perjalanan.
Untuk peneliti selanjutnya dalam proses penentuan jumlah sampel bisa
Menggunakan tabel kretcie sebagai opsi pilihan dan diharapkan lebih memahami
Materi tentang bangkitan perjalanan supaya menghasilkan penelitian yang lebih
Prespektif.
(kata kunci : karakteristik perilaku perjalanan, perilaku pergerakan masyarakat,
Analisa regresi berganda).
Detail Information
Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
---|---|
Penulis |
Bariatul Muyyasaroh - Personal Name
|
Student ID |
2020140003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Ketua Penguji
Ahmad Alfin, S.T., M.T. - - Penguji 1 Agus Juara, S.T., M.T. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |