EVALUASI TIKUNGAN DI JALAN CANDIYASAN – KESENENG PADA KM 1+894 SAMPAI KM 2+565

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

EVALUASI TIKUNGAN DI JALAN CANDIYASAN – KESENENG PADA KM 1+894 SAMPAI KM 2+565

XML

Jalan merupakan suatu prasarana transportasi darat dan sebagai penghubung
Antar wilayah. Jalan candiyasan – keseneng merupakan jalan alternatif yang
Menghubungkan antara kabupaten temanggung dengan kabupaten wonosobo
Serta akses menuju beberapa destinasi wisata yang ada di kabupaten wonosobo.
Dengan kondisi eksisting jalan yang terdapat tikungan – tikungan ekstrem sehingga
Dapat memberikan kurangnya keamanan serta kenyamanan bagi pengendara yang
Melintas.
Pada penelitian ini, untuk geometrik jalan menggunakan metode pdgj
2021 sebagai dasar penghitungan nilai jarak pandang henti (jph), jarak pandang
Mendahului (jpm) serta superelevasi. Sememntara untuk perencanaan tebal
Perkerasan lentur menggunakan mdp 2017 untuk menghitung pertumbuhan lalu
Lintas, cbr segmen, serta desain perkerasan.
Evalusai geometrik serta perencanaan perkerasan lentur pada penelitian ini
Disusun dengan beberapa langkah yaitu dengan pengamatan lapangan, dan
Pengumpulan data. Pengumpulan data primer seperti data geometrik jalan, data
Cbr tanah. Data sekunder seperti peta jalan candiyasan – keseneng dan ahsp
2023, dilanjutkan dengan perhitungan analisa geometrik jalan menggunakan
Metode pdgj 2021 dan analisa perkerasan menggunakan metode mdp 2017.
Evaluasi geometrik jalan eksisting pada jalan keseneng candiyasan
Didapatkan 3 tikungan yang di teliti, dan nilai jph, jpm, serta superelevasinya tidak
Memenuhi standar pdgj 2021. Berdasarkan redesain yang dilakukan sesuai dengan
Standar pdgj 2021 didapatkan 3 tikungan berjenis s-c-s, jph sebesar 59,30 m,
Jpm sebesar 274,48 m, pelebaran tikungan sebesar 1,6 m, superelevasi sebesar 6%
Pada t1, 7% pada t2 dan 5% pada t3. Untuk lhr tahun 2024 yaitu 2547,8
Smp/hari dan perhitungan perkerasan dengan rencana umur perkerasan 20 tahun
Didapatkan ac-wc tebal 40 mm, ac-bc tebal 60 mm, ac base tebal 145 mm,
Lfa kelas a tebal 300 mm, dan untuk nilai cbr segmen 2,3% maka diperlukan
Perbaikan tanah dasar setebal 350 mm. Perhitungan rab tikungan pada jalan
Candiyasan – keseneng yaitu senilai rp 381,890,000.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti merekomendasikan
Agar pada saat pengambilan data kecepatan memakai alat speed gun agar datanya
Lebih akurat dan untuk pengambilan data cbr jarak antar titik lebih dekat agar data
Yang dihasilkan lebih akurat.

Kata kunci : jalan candiyasan – keseneng, redesain jalan.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Akhmad Alfan Ahsani - Personal Name
Student ID
2019140117
Dosen Pembimbing
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Alfin, S.T., M.T. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail