ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI MAHASISWA MENUJU KE KAMPUS ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Tidar Magelang dan Universitas Muhammadiyah Magelang)

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI MAHASISWA MENUJU KE KAMPUS ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Tidar Magelang dan Universitas Muhammadiyah Magelang)

XML

Mahasiswa tahun ajaran baru terutama mahasiswa yang menggunakankendaraan, baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum tampaknyamengakibatkan kepadatan dan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan menujukampus. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui sepertiapa karakteristik mahasiswa dalam melakukan pergerakan menuju kampus danapa saja faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan modatransportasi.Menurut Tamin (2000)pemilihan moda sangat sulit dimodelkan walaupunhanya dua buah moda yang akan digunakan ( kendaraan pribadi dan umum).Untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebarankuesioner di Universitas Tidar Magelang dan Universitas MuhammadiyahMagelang jumlah populasi 17.179 dengan total sampel 754 responden yangberada di Kabupaten Magelang.Karakteristik perilaku perjalanan Mahasiswa Universitas TidarMagelang didapatkan bahwa responden berjenis kelamin pria (53,9%), memilikiSIM C (65,7%), pendapatan orang tua/pribadi sebesar (35,6%), jenis tempattinggal dengan orang tua/pribadi sebesar (57,7%), jarak tempuh sebesar(35,8%), jumlah kendaraan yang dimiliki (37,6%), biaya perjalanan sebesar(33,2%), waktu tempuh (43%), intensitas pergantian moda sebesar 93,8%.Karakteristik perilaku perjalanan Mahasiswa Muhammadiyah Magelangdidapatkan bahwa responden berjenis kelamin (57,1%),(pendapatan orangtua/pribadi (38%), jenis tempat tinggal dengan orang tua/pribadi (55,7%), jaraktempuh (35,5%), jumlah kendaraan yang dimiliki sebesar (41,3%), biayaperjalanan sebesar (97%). Mempengaruhi signifikan terhadap pemilihan modatransportasi (Y).Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi PadaUniversitas Tidar Magelang terdapat pada:variabel pertimbangan kenyamanan(X3). Dilihat dari tabel nilai interval koefisien nilai r dengan nilai koefisien 0,00- 0,199 nilai koefisien nilai r -0,118 < 0,199 negatif, pertimbangan biaya (X9).Nilai koefisien nilai r 0,213 positif,waktu tempuh (X13), nilai koefisien nilai r0,022 positif .Pada Universitas Muhammadiyah Magelang yang mempengaruhipemilihan moda terdapat pada faktor jenis kelamin (X1) nilai r 0,068 positif, ,kepemilikan SIM (X2), nilai r 0,104 positif, biaya dalam sehari (X12). Nilaikoefisien nilai r -0,029 negatif, waktu tempuh (X13), nilai r 0,033 positif,intensitas pergantian moda (X14). Nilai koefisien nilai r -0,204 negatif , artinyanilai ini memiliki hubungan berlawanan dengan tingkat hubungan rendah.Diharapkan penelitian selanjutnya menambahkan variabel-variabel lainyang dianggap mempengaruhi pemilihan moda transportasi dari referensiyang lain.
Kata Kunci : moda transportasi.


Detail Information

Item Type
Laporan Tugas Akhir
Penulis
Hana Aulia - Personal Name
Student ID
2020140070
Dosen Pembimbing
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 1
Yuli Sulistyowati, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Ketua Penguji
Yuli Sulistyowati, M.Pd. - - Penguji 1
Agus Juara, S.T.M.T - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail