• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant Pada Pelayanan Publik dan Bantuan di Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo Dengan Metode TF-IDF]]> Sagita Efendi Pengarang Hidayatus Sibyan, M.Kom Dosen Pembimbing 1 Nur Hasanah, M.Kom. Dosen Pembimbing 2 Hidayatus Sibyan, M.Kom Ketua Penguji Nahar Mardiyantoro, M.Kom. Penguji 1 M.Fuat Asnawi, S.Kom., M.m. Penguji 2
    Kebutuhan informasi merupakan hal yang harus dipenuhi agar masyarakatdan pengguna layanan suatu dinas dapat mendapatkan gambaran awal suatukegiatan yang dilakukan, kurangnya informasi dapat menjadikan pelayanan publiktidak berjalan sesuai dengan nilai fungsinya.Dengan dasar ingin membuat sistem yang dapat menyediakan templatesyarat bantuan, petunjuk teknis bantuan, serta menjawab pertanyaan berulangseputar bantuan di Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo penulis melakukanpenelitian untuk menciptakan Chatbot Bernama HADIR bot sebagai virtualassistant pada pelayanan publik dan bantuan di Dinas Sosial PemberdayaanMasyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo dengan metode TF-IDF. Harapannyadengan adanya virtual assistant ini dapat menjadi penunjang layanan dalampelayanan publik di Dinsos PMD. Chatbot ini menyediakan informasi tentangSOP (Standar Operasional Prosedur) dan juga menyediakan informasi terkaitaturan-aturan bantuan yang ada, format atau template dokumen yang biasadigunakan pada bantuan, serta informasi seputar pertanyaan yang biasa diajukanpada Dinsos PMD Kabupaten Wonosobo. Chatbot ini dijalankan melalui Telegramdan metode yang digunakan pada chatbot ini adalah metode TF-IDF (TermFrequency-Inverse Document Frequency) sebagai pembobotan kata kunci, sertaMetode Cosine Similarity yang digunakan untuk menilai kemiripan antardokumen. Kata Kunci: chatbot, virtual assistant, layanan publik, TF-IDF, cosine similarity.