M. Hafidzin ma’ruf hidayatulloh
Pengarang
M.Fuat Asnawi, S.Kom., M.m.
Dosen Pembimbing 1
hidayatus
Dosen Pembimbing 2
Dian Asmarajati., M.Kom.
Penguji 2
Nur Hasanah, M.Kom.
Penguji 1
M.Fuat Asnawi, S.Kom., M.m.
Ketua Penguji
Percetakan Jago Printing mengalami kesulitan dalam memprediksipermintaan pelanggan, sehingga berakibat pada inefisiensi persediaan dan potensikerugian. Penelitian ini bertujuan untuk membangun konsep prediksi penjualanmenggunakan metode Naive Bayes dalam rangka membantu Percetakan JagoPrinting dalam memprediksi permintaan pelanggan. Data penjualan historis selama5 bulan terakhir digunakan untuk melatih konsep Naive Bayes. Konsep dievaluasimenggunakan berbagai metrik, seperti akurasi, presisi, dan recall. Hasil yangdiharapkan dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa konsep Naive Bayesmampu memprediksi permintaan pelanggan dengan akurasi tertentu. Penerapankonsep Naive Bayes diharapkan dapat membantu Percetakan Jago Printing dalammeningkatkan efisiensi persediaan, meminimalisir potensi kerugian, danmeningkatkan kepuasan pelanggan.Metode yang digunakan adalah kuantitatifdengan analisis data sekunder dari Percetakan Jago Printing, mencakup datapenjualan bulanan dari Januari hingga April. Data diolah menggunakan NaiveBayes melalui smart tools Orange setelah melalui proses pembersihan dantransformasi.Hasil menunjukkan model prediksi dengan akurasi 83%. Evaluasimenggunakan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score menunjukkan modelefektif dalam klasifikasi transaksi penjualan. Prediksi menunjukkan 62,5% barangperlu stok ulang, dan 37,5% tidak perlu. Hasil ini membantu merencanakanpersediaan lebih akurat, mengurangi risiko kelebihan atau kekurangan stok, danmeningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini membuktikan efektivitasalgoritma Naive Bayes dalam prediksi penjualan dan kontribusinya dalammanajemen persediaan di Percetakan Jago Printing.
Kata kunci: Data Mining, Prediksi Penjualan, Naive Bayes, Percetakan,Smart Tools Orange.