Siti Aliyah
Pengarang
Hj. R.A.E.P. Apriliani, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Meftahudin, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 1
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Penguji 2
Dr. M. Elfan Kaukab, S.E., M.M., M.H.I., MFP, CRA, CHRA, CRBC.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh servicescape, kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Charaka Residance Dieng. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen Charaka Residance dieng. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden yang merupakan konsumen dari Charaka Residance dieng. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah di bagikan secara langsung kepada konsumen Charaka Residance dieng. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis linier berganda kemudian menggunakan uji statistic deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan pengujian hipotesis meliputi uji koefisien determinasi dan uji signifikansi koefisien regresi dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan variabel servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Charaka Residance dieng yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 5,215 > t tabel 1,98969 dengan signifikasi 0,000 <0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Charaka Residance dieng yang dibuktikan dengan nilai t hitung 5,109 > t tabel 1,98969 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Charaka Residance dieng yang dibuktikan dengan t hitung 3,687 > t tabel 1,98969 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Charaka Residance dieng yang dibuktikan dengan t hitung 3,988 > t tabel 1,98969 dengan signifikasi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Servicescape, Kepuasan Pelanggan, Fasilitas, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan