Prodi S1 Keperawatan
PENGARAUH TERAPI MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP TINGKAT PENURUNAN NYERI SENDI PADA LANSIA DI DESA PUCAKWANGI
XML
Pendahuluan: Seiring bertambahnya usia, potensi peningkatan harapan hidup,seharusnya di optimalkan. Prevelensi lansia dengan masalah kesehatan terbilangtinggi menurut World Health organization (WHO) (2022) menyebutkan bahwapenyakit sendi pada lansia di dunia menempati urutan tertinggi yaitu urutan keduadengan persentasi 14,5%. Nyeri sendi dikarenakan kekurangan esterogenmenyebabkan kerusakan matrik kologen dan sendi tulang rawan ikut rusak. Nyeridapat diatasi dengan mengontrol nyeri dengan tindakan non farmakologi yantusalah satunya distraksi dengan terapi membaca al-qur’an. Tujuan : dari penelitianini untuk mengetahui pengaruh terapi membaca al-qur’an untuk penurunan nyerisendi pada lansia di Desa Pucakwangi. Metode : penelitian ini menggunakan PreExperimentalDesignsertamenggunakanpendekatanonegrouppretest–post-testdesign.Populasi penelitian 50 lansia dengan tekhnik pengambilan sampelmenggunakan total sampling, pengumpulan data dengan lembar obsevasi berupanumeric rating scale. Hasil : analisis data menggunakan uji Wilcoxon untukmengetahui pengaruh terapi membaca al-qur’an terhadap lansia di DesaPucakwangi. Hasil penelitian ini didapatkan p-value 0,000 <0,05. Kesimpulannyayaitu adanya pengaruh yang signifikan antara terapi membaca al-qur’an dengantingkat penurunan nyeri sendi pada lansia di Desa Pucakwangi.
Kata kunci: terapi membaca al-qur’an, nyeri sendi, lansia
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Laela Rizqi Umama - Personal Name
|
Student ID |
2020270040
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Ns. Abdullah Azam M, M. Kep. - - Ketua Penguji
Ns. Fifi Alviana, MSN - - Penguji 1 Ns. M. Fahrurozi. M. Kes - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
14201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
keperawatan(S1)
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |