Eka Prihati
Pengarang
Ns. Marwiati, M.Kep
Dosen Pembimbing 1
Ns. Candra Dewi Rahayu.,M.Kep.
Dosen Pembimbing 2
Ns. M. Fahrurozi. M. Kes
Ketua Penguji
Candra Dewi Rahayu., S.Kep., Ners., M.Kep
Penguji 1
Ns. Marwiati, S.Kep., M.Kep
Penguji 2
Latar belakang: Banyaknya pasien rawat inap di RSI Wonosobo mengharapkanpelayanan yang maksimal dan memuaskan. Dimana faktor yang mempengaruhikepuasan berbeda sesuai dengan karakteristik masing-masing pasien, makadiharapkan pihak rumah sakit dapat mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yangdapat berpengaruh bagi kepuasan pasien sehingga dapat meningkatka kualitaspelayanan di rumah sakit tersebut Tujuan: Untuk mengidetifikasi faktor-faktoryang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan di RSI wonosobo.Metode: desain penelitian ini menggunakan cross sectional, dengan jumlah sampel100 responden yang dilakukan pada bulan Maret – April 2024. Hasil: adanyapengaruh faktor kualitas produk atau jasa dengan nilai signifikan 0,000<0,05 ,faktor kualitas pelayanan dengan nilai signifikan 0,006<0,05, dan faktor emosionaldengan nilai signifikan 0,024<0,05 terhadap kepuasan pasien di RSI Wonosobo.Kesimpulan: faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien di RSIWonosobo adalah faktor kualitas produk atau jasa dengan nilai signifikan0,000<0,05. Saran: melakukan penelitian lebih lanjut dengan memperdalampenelitian secara spesifik pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien.
Kata Kunci : faktor emosional; kepuasan pasien; kualitas pelayanan; kualitasproduk atau jasa