HUBUNGAN DISMENORE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA DI MTS MA’ARIF JUMO TEMANGGUNG

Detail Cantuman

Prodi S1 Keperawatan

HUBUNGAN DISMENORE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA DI MTS MA’ARIF JUMO TEMANGGUNG

XML

Konsentrasi belajar adalah kemampuan mengarahkan segala pikiran dan tindakanagar mampu mempelajari sesuatu dengan baik,konsentrasi belajar siswi akanmenurun jika terjadi gangguan dalam fisiknya seperti dismenore. Dismenoremerupakan gangguan kondisi fisik yang disertai dengan gejala nyeri perut bawahdan bisa meluas hingga pinggang,punggung bawah serta pahaTujuan: mengetahuiadakah hubungan antara dismenore dengan konsentrasi belajar remaja di MTsMa’arif Jumo Temanggung. Metode: penelitian ini adalah penelitian kuantitatifanalitik deskriptif, dengan pendekatan cross-sectional pada siswi kelas 7 dan 8 totalresponden berjumlah 63 data diperleh dengan 2 instrumen yatu NRS(numericrating scale) untuk mngukur dismenore dan SLCQ-I(student learningconcentration questionnaire indonesia version) untuk mengukur tingkatkonsentrasi belajar Data dianalisi menggunakan program SPSS dengan rumus ujianalitik yang di gunakan adalah chi-square. Hasil: hasil uji menunjukka adahubungan dismenore dengan konsentrasi belajar remaja di MTs Ma’arif JumoTemanggung dengan hasil (p-value=0,001) < 0,05. Kesimpulan: ada hubungandari dismenore dengan konsentrasi belajar remaja.
Kata Kunci: Dismenore, Konsentrasi Belajar,Remaja.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ardiyati - Personal Name
Student ID
2020270024
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Edisi
Published
Departement
keperawatan(S1)
Kontributor
Bahasa
Penerbit Institut Teknologi Nasional Bandung : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail