Syafa Nur Azirah
Pengarang
Ns. Ika purnamasari, S.Kep., M.Kep
Dosen Pembimbing 1
Romdiyah, S.SiT.,M.Kes
Dosen Pembimbing 2
Ns. Ari Setyawati, M. Kep
Ketua Penguji
Ns. Ika Purnamasari,M.Kep
Penguji 2
Romdiyah,S.SiT.,M.Kes
Penguji 1
)
Latar Belakang: Anak usia 10-12 tahun mulai lebih mampu memahami danmengelola emosi dengan lebih kompleks. Salah satu faktor yang mempengaruhikecerdasan emosional pada anak adalah faktor pengasuhan atau pola asuh orangtua.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tuaterhadap kecerdasan emosional anak usia 10-12 tahun di SD N 1 Sikunang.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan crosssectional yang dilakukan di SD N 1 Sikunang dengan melibatkan 46 anak usia 1012tahun yang diambil secara total sampling. Instrument penelitian inimenggunakan kuesioner Pola Asuh Orang Tua dan Kecerdasan Emosional.Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan uji Chi Square.Hasil: Pola asuh orang tua pada anak usia 10-12 tahun di SD N 1 Sikunang palingdominan yaitu pola asuh otoriter (41,3%), dengan kecerdasan emosional sedang(43,5%). Berdasarkan uji statistic didapatkan hubungan yang signifikan antarapola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak ???? value = 0,000 < ????=0,05.Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasanemosional anak usia 10-12 tahun di SD N 1 Sikunang. Disarankan untukpenelitian lebih lanjut dapat menambahkan faktor lain seperti tingkat pendidikanorang tua dan lingkungan tempat tinggal.
KATA KUNCI: Kecerdasan emosional anak; Perkembangan anak; Pola asuh orang tua.