Bunga Mahsa Daffa
Pengarang
Ns. Ika purnamasari, S.Kep., M.Kep
Dosen Pembimbing 1
Nazilla Nugraheni,S.ST.,M.Keb
Dosen Pembimbing 2
Ns. Ika purnamasari, S.Kep., M.Kep
Penguji 1
Nazilla Nugraheni,S.ST.,M.Keb
Penguji 2
Ns. Ari Setyawati, S.Kep. M.Kep
Ketua Penguji
Latar Belakang: Pola asuh merupakan interaksi antara orang tua kepada anak dalambentuk pengasuhan atau mendidik sebagai wujud pertanggung jawaban terhadapanak. Perkembangan psikososial adalah perkembangn dimana anak dalam tahapinisiatif dan rasa bersalah. Tujuan: Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubunganpola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TKAisyiyah Sapuran. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode crosssectional dengan jumlah sampel 60 responden, dengan menggunakan teknik totalsampling. Analisa data menggunakan uji chi square. Instrument penelitianmenggunakan kuesioner pola asuh orang tua diukur dengan Parenting Styles andDimension Questionnair (PSDQ) dan perkembangan psikososial diukur dengankuesioner perkembangan psikososial anak. Hasil: Berdasarkan uji ststistik didapatkanhubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perkembanganpsikososial anak p value = 0,000 (p < 0,05).Kesimpulan: Ada hubungan antara polaasuh orang tua terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TkAisyiyah Sapuran. Jika orang tua tidak terlalu membatasi imajinasi dan keinginananak maka dengan sendirinya rasa inisiatif akan berkembang.
KATA KUNCI: Pola asuh orang tua, Perkembangan psikososial, Usia prasekolah