Arifana Mahdaviki
Pengarang
Ns. Ari Setyawati, M.Kep
Dosen Pembimbing 2
Ns. Fifi Alviana, MSN
Dosen Pembimbing 1
Ns. Ari Setyawati, M.Kep
Penguji 1
Ns. Fifi Alviana, MSN
Penguji 2
Ns. Abdullah Azam M, M. Kep.
Ketua Penguji
Game online merupakan situs yang didalamnya terdapat berbagai macam permainan yangmelibatkan banyak pengguna internet dengan lokasi yang berbeda, dan mereka akanterhubung secara bersamaan melalui jaringan online. Kecanduan game online dapatberdampak pada gangguan emosional remaja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuihubungan Game Online dengan gangguan emosional pada remaja di Madrasah TsanawiyahNegeri 2 Wonosobo. Metode penelitian menggunakan desain observasional analitik denganpendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian sebanyak 90 responden dengan kriteria kelas7, 8, dan 9 yang bermain game online, hadir dalam proses penelitian dan bersedia menjadiresponden. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil analisisdata menggunakan uji Chi-Square didapatkan p value = 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan daripenelitian ini adalah terdapat hubungan antara permainan Game Online dengan gangguanemosional pada remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonosobo. Sebagian besarresponden usia 14 tahun sebanyak 43 orang (47,8%), dan berjenis kelamin laki-laki sebanyak52 siswa (57,8%). Mayoritas responden mengalami kecanduan game online sedang sebanyak44 orang (48,9%), dan mengalami gangguan emosional kategori abnormal sebanyak 49 orang(54,4%).
Kata Kunci: Game Online, Gangguan Emosional, Remaja.