Frisca Adina Nur Hana Halatul Baiti
Pengarang
Hidayatu Munawaroh, M.Pd.
Dosen Pembimbing 1
Asep Sunarko, M.Pd.I
Penguji 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I.
Penguji 2
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknikpengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasisetelah data terkumpul, dan dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksidata, penyajian data.Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penanaman nilainilaiketauhidan melalui pembelajaran sholat anak usia dini di RA Masyithoh IIRopoh mengajarkan anak-anak beberapa nilai-nilai. Anak mengenal nilai tawakalmelalui gerakan takbiratul ikhram, anak mengenal nilai kognitif melalui hafalansurat al-fatihah dan doa sholat, anak mengenal nilai luhur melalui gerakanmeletakkan kedua tangan di atas dada (bersedekap), anak mengenal nilai tawadhu‟melalui gerakan ruku‟, anak mengenal nilai percaya diri melalui gerakan bangkitdari ruku‟, anak mengenal nilai cinta kasih melalui gerakan sujud, anak mengenalnilai tabah melalui gerakan iftirasy, dan anak mengenal nilai hablumminannashablumminallah melalui gerakan salam. 2) Faktor pendukung dan penghambatberkaitan dengan peran para guru dan wali murid, serta keikut sertaan dankemauan anak dalam penanaman nilai-nilai ketauhidan melalui pembelajaransholat di RA Masyithoh II Ropoh. Pada faktor pendukung, guru mampumembimbing dan mengatur berjalannya kegiatan, wali murid membantu anakmenyiapkan atribut pelaksanaan pembelajaran sholat untuk dibawa ke sekolah,anak berperan dengan keantusiasannya dalam kegiatan. Pada faktor penghambat,guru mungkin memiliki pengetahuan terbatas kurang memahami nilai tauhid,respon orang tua, yang belum terbiasa mengajak anak dengan kegiatan ibadahsholat atau kurang menghargai pentingnya nilai tauhid, beberapa anak jugacenderung tidak tertarik dengan kegiatan pembelajaran sholat.
Kata Kunci: Penanaman, Nilai-nilai ketauhidan, anak usia dini, pembelajaransholat.