Prodi PGMI
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KEMIRIOMBO KALIWIRO TAHUN AJARAN 2023/2024
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang bisadilakukan agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapanmetode pembelajaran eksperimen pembuatan es krim putar dan mengetahuibagaimana keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan metodepembelajaran eksperimen. Dengan subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 3Kemiriombo Kaliwiro yang berjumlah 11 siswa.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian TindakanKelas yang dilaksanakan dua siklus berbasis kolaborasi. Pengumpulan datadiperoleh dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar, serta non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaanpembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada metode tes, presentaseprestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi perubahan sifatbenda mengalami peningkatan dari angka 9 % pada prasiklus menjadi 18 % padasiklus I dan mencapai 63.6% pada siklus II. Sedangkan pada metode non tesberupa observasi keterlaksanaan pembelajaran setelah dilakukan Tindakan semulapada siklus I yaitu 72% mengalami peningkatan menjadi 87% pada siklus II.Dengan hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa jugamenunjukan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran setelah adanyaTindakan berupa penerapan metode pembelajaran eksperimen. Namun, perluadanya perbaikan lagi pada siklus berikutnya agar mencapai hasil yang sesuaidengan kriteria ketuntasan.Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA,Prestasi BelajarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang bisadilakukan agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapanmetode pembelajaran eksperimen pembuatan es krim putar dan mengetahuibagaimana keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan metodepembelajaran eksperimen. Dengan subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 3Kemiriombo Kaliwiro yang berjumlah 11 siswa.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian TindakanKelas yang dilaksanakan dua siklus berbasis kolaborasi. Pengumpulan datadiperoleh dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar, serta non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaanpembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada metode tes, presentaseprestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi perubahan sifatbenda mengalami peningkatan dari angka 9 % pada prasiklus menjadi 18 % padasiklus I dan mencapai 63.6% pada siklus II. Sedangkan pada metode non tesberupa observasi keterlaksanaan pembelajaran setelah dilakukan Tindakan semulapada siklus I yaitu 72% mengalami peningkatan menjadi 87% pada siklus II.Dengan hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa jugamenunjukan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran setelah adanyaTindakan berupa penerapan metode pembelajaran eksperimen. Namun, perluadanya perbaikan lagi pada siklus berikutnya agar mencapai hasil yang sesuaidengan kriteria ketuntasan.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA,Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sherli Bilivina - Personal Name
|
Student ID |
2020030074
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |