• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KEMIRIOMBO KALIWIRO TAHUN AJARAN 2023/2024 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KEMIRIOMBO KALIWIRO TAHUN AJARAN 2023/2024

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KEMIRIOMBO KALIWIRO TAHUN AJARAN 2023/2024

    XML

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang bisadilakukan agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapanmetode pembelajaran eksperimen pembuatan es krim putar dan mengetahuibagaimana keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan metodepembelajaran eksperimen. Dengan subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 3Kemiriombo Kaliwiro yang berjumlah 11 siswa.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian TindakanKelas yang dilaksanakan dua siklus berbasis kolaborasi. Pengumpulan datadiperoleh dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar, serta non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaanpembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada metode tes, presentaseprestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi perubahan sifatbenda mengalami peningkatan dari angka 9 % pada prasiklus menjadi 18 % padasiklus I dan mencapai 63.6% pada siklus II. Sedangkan pada metode non tesberupa observasi keterlaksanaan pembelajaran setelah dilakukan Tindakan semulapada siklus I yaitu 72% mengalami peningkatan menjadi 87% pada siklus II.Dengan hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa jugamenunjukan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran setelah adanyaTindakan berupa penerapan metode pembelajaran eksperimen. Namun, perluadanya perbaikan lagi pada siklus berikutnya agar mencapai hasil yang sesuaidengan kriteria ketuntasan.Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA,Prestasi BelajarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang bisadilakukan agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapanmetode pembelajaran eksperimen pembuatan es krim putar dan mengetahuibagaimana keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan metodepembelajaran eksperimen. Dengan subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 3Kemiriombo Kaliwiro yang berjumlah 11 siswa.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian TindakanKelas yang dilaksanakan dua siklus berbasis kolaborasi. Pengumpulan datadiperoleh dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar, serta non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaanpembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada metode tes, presentaseprestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi perubahan sifatbenda mengalami peningkatan dari angka 9 % pada prasiklus menjadi 18 % padasiklus I dan mencapai 63.6% pada siklus II. Sedangkan pada metode non tesberupa observasi keterlaksanaan pembelajaran setelah dilakukan Tindakan semulapada siklus I yaitu 72% mengalami peningkatan menjadi 87% pada siklus II.Dengan hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa jugamenunjukan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran setelah adanyaTindakan berupa penerapan metode pembelajaran eksperimen. Namun, perluadanya perbaikan lagi pada siklus berikutnya agar mencapai hasil yang sesuaidengan kriteria ketuntasan.
    Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA,Prestasi Belajar


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Sherli Bilivina - Personal Name
    Student ID
    2020030074
    Dosen Pembimbing
    Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 3
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    PGMI
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail