Agus Widianto
Pengarang
Sri Jumini,M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Salis Irvan Fauadi, M.Pd.I.
Penguji 2
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan untuk 1). mengetahui perbedaan kemampuan berpikirkritis siswa kelas 5 SDN 2 Bringinsari antara sebelum dan sesudah menggunakanmedia Augmented Reality. 2). mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritissiswa setelah menggunakan media Augmented Reality (AR) pada kelas 5 SDN 2Bringinsari. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis PreEksperimen.Desain yang digunakan adalah one grup pretest posttest. Populasipada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 2 Bringinsari yangberjumlah 16 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 16siswa dengan sampel semu. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik berupauji normalitas, dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t dan ujigain.Hasil penelitian menunjukan bahwa: ada perbedaan kemampuan berpikirkritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan media augmented reality. denganuji gain diperoleh nilai 0,609 atau 61% dengan hasil sedang unuk meningkatkankemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SDN 2 Bringinsari menggunakan mediaAugmented Reality. Dan ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5SDN 2 Bringinsari pada pelajaran IPA dengan materi struktur bumi menggunakanmedia Augmented Reality. hal ini terlihat pada hasil perhitungan pada uji t dan ujigain. diperoleh nilai thitung sebesar -78,421 dan ttabel sebesar 2,042 sehinggadiperoleh hasil thitung < ttabel (-78,421 > 2,042) yang berarti H₀ ditolak dan H₁diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatankemampuan berpikir siswa kelas 5 SDN 2 Bringinsari sebelum dan setelahmenggunakan media Augmented Reality pada materi Struktur bumi.
Kata kunci: pembelajaran IPA, Augmented Reality, Berpikir kritis.