Sri Umaroh Dewi Pritami
Pengarang
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fauadi, M.Pd.I.
Dosen Pembimbing 2
Hidayatu munawaroh, M.Pd.
Penguji 2
Dr. Moh Sakir., M.Pd.I
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasipendidikan karakter peserta didik di MI Ma’arif Gesing. (2) Untuk mengetahuikendala yang dihadapi dalam menanamkan pendidikan karakter di MI Ma’arifGesing. (3) Untuk mengetahui solusi yang digunakan untuk mengatasi kendaladalam menanamkan pendidikan karakter di MI Ma’arif Gesing.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknikpengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan juga dokumentasi.Untuk mendapat data dari penelitian, peneliti melakukan wawancara bersamaKepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Gesing, Wali Kelas II MI Ma’arif Gesingdan Wali Kelas V MI Ma’arif Gesing.Hasil penenlitian yang dilakukan oleh penulis bahwa: (1) Implementasipendidikan karakter melalui kegiatan mujahadah di MI Ma’arif Gesing sudahberjalan dengan baik, dengan menggunakan metode pembiasaan. Sehingga pesertadidik terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. (2) Kendala yang dihadapidalam implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan mujahadahdi MI Ma’arif Gesing yaitu lalainya peserta didik, peserta didik yang sulitdikondisikan, dan kesadaran orang tua untuk mendampingi perkembangan anak.(3) Solusi untuk megatasi kendala tersebut yu dengan cara menyediakan saranayang dibutuhkan oleh peserta didik.
Kata Kunci: implementasi, Peserta didik, Pendidikan karakter