Ahmat Miftahudin
Pengarang
Nasokah, M.Ag.,Alh.
Dosen Pembimbing 1
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Moh. Sakir, M Ag
Penguji 1
Mukromin,alh.,M.Ag
Ketua Penguji
Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan hasil belajar matematikayang disebabkan oleh penggunaan metode ceramah guru dalam prosespembelajaran. Fokus penelitian adalah membandingkan hasil belajar siswa padatopik operasi hitung bilangan bulat sebelum dan setelah menggunakan aplikasimatch game. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jeniskuasi eksperimen, menggunakan desain Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol.Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V SD Negeri 4 Kwadungan.Analisis data dilakukan melalui penggunaan uji t, dengan hasil thitung sebesar3,087 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,055. Penolakan H0 dan penerimaanHa menunjukkan bahwa metode Match Game efektif dalam meningkatkan hasilbelajar matematika siswa, terutama pada semester genap tahun pelajaran2023/2024. Hasil pre-test dan post-test dengan uji gain menunjukkan skor 0,337untuk kelas kontrol dan 0,641 untuk kelas eksperimen, keduanya dalam kategorisedang.
Kata Kunci: Aplikasi Match Game, Matematika, Hasil Belajar