Nike Fajar Kinasih
Pengarang
Drs. Noor Aziz, M.pd.
Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Mukromin,alh.,M.Ag
Penguji 2
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri (selfdisclosure)padasiswakelasVSDAl-Madina Wonosobo, 2) Untuk mengetahuitingkat stres belajar pada siswa kelas V SD Al-Madina Wonosobo, 3) Untukmengetahui hubungan antara keterbukaan diri dengan rendahnya stres belajar padasiswa kelas V SD Al-Madina Wonosobo tahun pelajaran 2023/2024.Skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitiankorelasional Pearson Product Moment. Dalam penelitian ini menggunakansubjeknya adalah siswa kelas V SD Al-Madina Wonosobo dengan jumlah 21siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara semiterstruktur, dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian dilanjutkan analisisdata dengan menggunakan teknik analisis berupa analisis uji prasyarat, ujihipotesis, dan analisis lanjutan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat keterbukaan diri (selfdisclosure)pada siswa kelas V SD Al-Madina Wonosobo secara umum beradapada kategori sedang dengan presentase 52.4%, 2) Tingkat stres belajar padasiswa kelas V SD Al-Madina Wonosobo secara umum berada pada kategorisedang dengan presentase 47.6%, 3) Terdapat hubungan antara keterbukaan diri(self-disclosure) dengan stres belajar siswa dengan r bernilai negatif dan kekuatanhubungan antara variabel keterbukaan diri dengan stres belajar siswa adalah kuat.
Kata Kunci: keterbukaan diri, self-disclosure, stres belajar, stres akademik, siswaSD.