Ajeng Dwi Aditama
Pengarang
Dr.Faisal Kamal, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd.
Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd
Penguji 2
Salah satu masalah Pendidikan adalah rendahnya kualitas Pendidikanberbasis agama, diantaranya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran SKI adalah dalam halmenggunakan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga menimbulkanmembosankan dan tidak suka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan penggunaan strategi Two Stay Two Stray untuk meningkatkankeaktifan belajar dan hasil belajar SKI.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan tes yang dilakukan duakali pretest dan posttest, observasi, wawancara, dokumentasi. Selain itu untukmendapatkan data mengenai keaktifan belajar menggunakan angket sebagaiinstrument penelitian. Analisis yang digunakan yaitu berupa data tertulis dan lisandari orang dan pengamatan kegiatan pembelajaran, sehingga penulis berupayamenggambarkan semua sesuai dengan keadaan yang nyata. Dalam penelitian inisubjek penelitiannya adalah kelas VI yang berjumlah 13 siswa.Hasil yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwastrategi Two Stay Two Stray mempunya pengaruh yang baik untuk meningkatkankeaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VI MI Ma’arif Gesing Garung.Hasil belajar dibuktikan berdasarkan perolehan hasil uji t. dari hasil perhitungandiperoleh thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% (14,1654 ˃2,1788) maupun 1% (14,1654 ˃ 3,0545). Untuk keaktifan belajar, dari hasilangket dan pengamatan yang dilakukan didalam kelas, siswa mengalamipeningkatan keaktifan belajar yang cukup baik. Hasil angket mendapatkanperhitungan paling tinggi pada point yang mendapat nilai 4 (SS) dengan rata-ratanilai72,04.Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Keaktifan belajar,Hasil Belajar