Prodi PGMI
GERAKAN ANTI BULLYING DI MI MA’ARIF KALIBEBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui gerakan anti bullying diMI Ma‟arif Kalibeber tahun pelajaran 2023/2024; 2) untuk mengetahui responguru dan peserta didik terhadap gerakan anti bullying yang diterapkan di MIMa‟arif Kalibeber; 3) untuk mengetahui dampak dari gerakan anti bullying di MIMa‟arif Kalibeber.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannyabersifat penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumberdata diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Data primer bersumberdari buku, jurnal, sekripsi terdahulu dan sebagainya yang berkaitan dengangerakan anti bullying. Sedangkan data sekunder bersumber dari hasil observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakandengan menggunakan metode analisis data menurut Miles dan Huberman yaituterdiri dari pengumpulan data (collection), reduksi data (data reduction),penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (conclusion drawing).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gerakan anti bullying yang diterapkan MI Ma‟arif Kalibeber pada tahun pelajaran 2023/2024 yaitu adanyaedukasi anti bullying, penerapan lagu anti bullying dan pemasangan poster antibullying. 2) Respon guru terhadap gerakan anti bullying yaitu guru merasa lebihmudah untuk mengajarkan kepada peserta didik tentang bullying dan mencegahterjadinya bullying terutama di lingkungan madrasah. Sedangkan respon pesertadidik dengan adanya gerakan anti bullying yaitu peserta didik merasa lebih mudahuntuk mengingat dan memahami tentang bullying, peserta didik merasaterlindungi dan menjadi lebih bersemangat. 3) Dampak gerakan anti bullying bagiguru yaitu pemahaman guru tentang bullying semakin mendalam dan luas, gurusemakin kreatif dalam melakukan pencegahan perilaku bullying, guru semakinmengayomi peserta didik dan menjadi contoh yang lebih baik. Sedangkan dampakgerakan anti bullying bagi peserta didik yaitu peserta didik semakin memahamitentang bullying, pembelajaran menjadi tertib, jarangnya peserta didik yangberkelahi, terciptanya suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan,tumbuhnya rasa empati dan peserta didik semakin sopan.
Kata Kunci: Gerakan, Anti, Bullying.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Alfiyatu Rohmah - Personal Name
|
Student ID |
2020030015
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |