Siti Nazlah Ramadhani Rosad
Pengarang
Drs. Noor Aziz, M.pd.
Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Sri Jumini, M.Pd
Ketua Penguji
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd. I.
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh hasil belajar tarisirih kuning setelah menggunakan bahan ajar berbasis video siswa kelas 5 SDNTegal Alur 12 Petang Jakarta Barat. 2) mengetahui seberapa besar pengaruh hasilbelajar tari sirih kuning setelah menggunakan bahan ajar berbasis video siswakelas 5 SDN Tegal Alur 12 Petang Jakarta Barat.Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbasiseksperimen quasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas. Sebelumpembelajaran tari sirih kuning dan sebelum menggunakan bahan ajar berbasisvideo kelas kontrol diberikan soal pretest yang berupa soal tertulis. Setelah itukemudian diterapkan bahan ajar berbasis video kelas eksperimen diberikan tesakhir yaitu soal posttest. Kemudian hasilnya diolah, di analisis, dan dibagikanmenggunakan uji test dan uji gain untuk mengetahui perbedaan sebelum dansesudah menggunakan bahan ajar berbasis video dan peningkatan hasil belajar tarisirih kuning.Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada pembelajaran tarisirih kuning siswa yang sudah menggunakan bahan ajar berbasis video. Hal iniditunjukkan dengan menggunakan uji gain yang diperoleh sebesar 0,741 > 0,7.Dan ada perbedaan pembelajaran tari sirih kuning sebelum dan sesudahmenggunakan bahan ajar berbasis video. Hal ini dibuktikan dengan menggunakanuji t yaitu membuktikan thitung lebih besar daripada ttabel baik dari taraf signifikan1% atau 5% yaitu 3,637 > 2,695 dan 3,637 > 2.017.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Video, Hasil Belajar.