Anissa Valenia Samputri
Pengarang
Sri Jumini, S. Pd., M. Pd.
Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd
Penguji 2
maryono
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaankemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelas eksperimen yangmenggunakan pendekatan SSI berbasis etnosains dibandingkan dengan kelaskontrol yang menggunakan metode konvensional, 2) seberapa besar peningkatankemampuan pemecahan masalah fisika siswa setelah diterapkannya pendekatan SSIberbasis etnosains, 3) bagaimana respon siswa setelah belajar dengan pendekatanSSI berbasis etnosains.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian trueeksperimen dengan bentuk pretest posttest control group design. Di mana kelaseksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa. Sampel inidiambil dari keseluruhan siswa SMA Negeri 1 Wonosobo. Metode pengumpulandata yang digunakan adalah tes uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahanmasalah dan angket respon untuk mengetahui keefektifan setelah pembelajaranmenggunakan SSI berbasis etnosains..Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan kemampuanpemecahan masalah fisika siswa saat diterapkan pembelajaran menggunakanpendekatan SSI berbasis etnosains yang ditunjukkan dari uji t diperoleh sebesarthitung 7,396 > ttabel 2,045 dan mempunyai nilai signifikan kurang dari 0,05 maka Hoditolak dan Ha diterima; 2) besar peningkatan kemampuan pemecahan masalahfisika siswa setelah diterapkannya pendekatan SSI berbasis etnosains yangditunjukkan dari uji N-Gain sebesar sebesar 0,74 dengan kategori untuk kelaseksperimen , sedangkan kelas kontrol yaitu sebesar 0,19; 3) respon siswa setelahbelajar dengan pendekatan SSI berbasis etnosains diperoleh rata-rata respon siswasebesar 81% pada kategori sangat efektif.
Kata Kunci : Socio Scientific Issues (SSI), Etnosains, Kemampuan pemecahanmasalah