Arsita Dwi Pratiwi
Pengarang
Fatiatun, S. Si., M.Sc.
Dosen Pembimbing 2
Sri Jumini, S. Pd., M. Pd.
Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd
Ketua Penguji
Dr. Muchotob Hamzah, MM.
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah model pembelajaranGuided inquiry Terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan pemahaman konseppeserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al-Quran Wonosobo. 2) Mengetahuiapakah model pembelajaran Guided inquiry Terintegrasi I-SETS dapatmeningkatkan karakter religius peserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al-QuranWonosobo. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap keterlaksanaan modelpembelajaran Guided inquiry Terintegrasi I-SETS pada peserta didik kelas VIIIMTs Takhasus Al-Quran WonosoboSkripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakanialah True Eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain pretest-postetst controlgrup design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitysampling dengan jenis simple random sampling. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al Quran Wonosobo TahunAjaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa lembarobservasi karakter religius, pretest dan posttest, angket respon peserta didik.Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji T-test dengan menggunakan SPSS.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Guidedinquiry Terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan pemahaman konsep berdasarkanhasil perhitungan Uji T nilai thitung > t tabel yaitu 2,572 > 2,0129 2) Modelpembelajaran guided inquiry terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan karakterreligius peserta didik berdasarkan uji T nilai thitung > t tabel 7,681 > 2,0129dengan perolehan presentase 81% dalam kategori baik. Perolehan aspek karakterreligius meliputi iman dan takwa 79.7%, berakhlak mulia 82%, beramal shalih82%, karakter Islami 77,7%, dan toleransi 79,3%. 3) Model pembelajaran guidedinquiry terintegrasi I-SETS mendapatkan respon 86,94% dalam kategori sangatbaik dari peserta didik.
Kata Kunci : Guided Inquiry, I-SETS, Pemahaman Konsep, Karakter Religius