Prodi Pendidikan Fisika
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP REPRESENTASI PEMECAHAN MASALAH FISIKA
XML
Skripsi ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui implementasi modelpembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan magic box terhadaprepresentasi dan pemecahan masalah fisika 2) mengetahui perbedaan danpeningkatan yang terjadi pada siswa ketika menerapkan model pembelajarankooperatif tipe snowball throwing dengan berbantuan magic box terhadaprepresentasi pemecahan masalah fisika 3) mengetahui seberapa besar peningkatansiswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowballthrowing berbantuan magic box terhadap representasi dan pemecahan masalahfisika.Skripsi ini menggunakan pendekatan peneltian kuantitatif. Metode yangdigunakan adalah True Eksperimen dengan dengan desain pretest-postest kontrolgroup design. Teknik pengambilan sampel menggunakan menggunakan purposivesampling. Tekhnik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi.Kemudian sumber diperoleh dari artikel, dan buku. Adapun teknik analisis berupateknik deskripsi data dan ujiprasarat dimana dalam tehnik ini dapat mengetahuiseberapa tingkat peningkatan pengaruh dalam model pembelajaran kooperatif tipesnowball throwing berbantuan magic box terhadap representasi dan pemecahanmasalah fisika dengan menggunakan uji T dan uji N-Gain dengan menggunakanprogram SPSS.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi modelpembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan magic box mampumemberikan kemudahan bagi siswa dalam peningkatan kemampuan pemecahanmasalah pada siswa 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yangdimiliki antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan Hoditolak dan Ha diterima yang ditunjukkan dengan perolehan 5,492 > 1,319, thitung >ttabel dengan taraf signifikansi 5%. 3) Hasil uji gain terbukti kemampuanpemacahan masalah meningkat yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 62,6%.
Kata Kunci: model kooperatif tipe snowball throwing, pemecahan masalah.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nurul Hasanah - Personal Name
|
Student ID |
2020020022
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi | |
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |