• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN INKUIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GARUNG WONOSOBO PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN INKUIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GARUNG WONOSOBO

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Fisika

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN INKUIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GARUNG WONOSOBO

    XML

    Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model pembelajaraninkuiri terbimbing dengan bantuan media audio visual pada pembelajaran IPAkelas VIII di SMP Negeri 1 Garung; 2) mengetahui keefektifan modelpembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan media audio visual untukpeningkatkan keterampilan inkuiri siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII diSMP Negeri 1 Garung; 3) mengetahui peningkatan keterampilan inkuiri siswasiswa pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 1 Garung setelahpenerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan media audiovisual.Skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenispenelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent ControlGroup Design. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampelnonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dalampenelitian ini terdiri dari seluruh siswa dan siswi kelas VIII di SMP Negeri 1Garung tahun ajaran 2023/2024. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas eksperimendan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa pretestdan posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitianini menggunkan uji t independent sampel t- test dan uji Gain dengan bantuansoftware SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaraninkuiri terbimbing dengan bantuan media audio visual pada pembelajaran IPAkelas VIII di SMP Negeri 1 Garung terlaksana dengan baik dibuktikan denganketerlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatandari pertemuan pertama ke pertemuan kedua, dengan kelas eksperimen memilikiketerlaksanaan lebih baik (52% pada pertemuan pertama dan 88% pada pertemuankedua) dibandingkan kelas kontrol (46% pada pertemuan pertama dan 82% padapertemuan kedua); (2) model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuanmedia audio visual efektif untuk meningkatkan keterampilan inkuiri siswa padapembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 1 Garung. Hal ini didukung oleh hasiluji t independen yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimendan kelas kontrol, dengan nilai t hitung (6,524) lebih besar dari t tabel (2,045); (3)peningkatan keterampilan inkuiri siswa pada kelas eksperimen termasuk dalamkategori tinggi dengan n-gain score 0,75 dan efektivitas 75% (cukup efektif),sedangkan pada kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang dengan n-gainscore 0,68 dan efektivitas 68% (cukup efektif).
    Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, media audio visual,keterampilan inkuiri.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Siti Khoiriyah - Personal Name
    Student ID
    2020020005
    Dosen Pembimbing
    Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
    Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    84203
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Bahasa Arab
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail