Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA SMP NEGERI 3 WONOSOBO
XML
Kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa ditingkat SMP tergolongmasih rendah. Sedangkan, kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam prosespembelajaran. Skripsi ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui implementasi modelpembelajaran STAD dengan pendekatan multiple intelegence pada pembelajaranfisika dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasisiswa di SMP Negeri 3 Wonosobo. 2)Untuk mengetahui respon siswa terhadappembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran STAD dengan pendekatanmultiple intelegence di SMP Negeri 3 Wonosobo. 3)Untuk mengetahui efektivitasmodel pembelajaran STAD dengan pendekatan multiple intelegence padapembelajaran fisika dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritisdan kolaborasi siswa di SMP Negeri 3 Wonosobo.Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desainquasi-experiment. Sampel dalam penelitian diambil dengan purposive sampling ataumemilih sampel dengan dasar bertujuan. Populasi dalam penelitian adala h seluruhsiswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosobo dengan dua kelas sebagai sampel, yaitusebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupaobservasi, dokumentasi, angket dan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Ujihipotesis dalam penelitian diuji menggunakan Uji-T dan Uji N-Gain untukmengetahui perbedaan antara kedua kelas dengan adanya peningkatan keterampilanberpikir kritis dan kolaborasi siswa.Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa: 1)Terdapatperbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Halini dibuktikan perolehan thitung sebesar 10,801 sedangkan ttabel 2,074. 2)Adanyaperbedaan keterampilan kolaborasi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung sebesar 6,962 sedangkan ttabel 2,074. 3)Hasil uji N-Gain diperoleh dengan peningkatan kelas kontrol 0,21 dengan kategoritidak efektif dan peningkatan kelas eksperimen sebesar 0,62 dengan kategori cukupefektif. Dengan demikian, penerapkan model pembelajaran STAD denganpendekatan multiple intelligence cukup efektif untuk meningkatkan keterampilanberpikir kritis siswa.
Kata kunci: STAD-Multiple Intelligence, Berpikir Kritis, Kolaborasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mei Laetul Fajeri - Personal Name
|
Student ID |
2020020003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |