Prodi Pendidikan Fisika
PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI KEGIATAN OUTBOUND BERPENDEKATAN STEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MA‟ARIF GONDANG
XML
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui perbedaan pemahamankonsep peserta didik dalam kegiatan outbound dengan pembelajaran yangdilakukan di dalam kelas, 2). Mengetahui bagaimana peningkatan pemahaamankonsep peserta didik dengan menerapkan pembelajaran fisika berpendekatanSTEM pada kegiatan outbound yang dilaksanakan di MTs Ma‟arif Gondang.Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengandesain quasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan carapurposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTsMa‟arif Gondang Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel diambil dua kelas, yaitukelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian iniberupa pretest dan posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesisdalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji N-gain dengan bantuan MicrosoftExcel.Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapatperbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrolditunjukan dengan hasil uji t independent simple t test pada kelas eksperimen dankelas kontrol dimana perolehan nilai > dengantaraf signifikansi 5% maka dinyatakan H1 diterima dan H0 ditolak uji gainmenunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep dengan niaipersentase uji N gain 63,42% dalam kategori cukup efektif. Nilai efektivitas Ngain sebesar 7,4 dimana nilai tersebut >1 yang artinya pembelajaran fisika melaluikegiatan outbound berpendekatan STEM terdapat peningkatan dan lebih efektifdari pembelajaran konvensional. Hal ini disesbabkan peserta didik diberikesempatan untuk menjadi penemu, peneliti, dan diberikan kesempatan untukmengaplikasikan secara langsung dan menyenangkan pembelajaran yang telahdiperoleh shingga akan lebih mudah bagi peserta didik memahami konsep fisika.
Kata Kunci: Kegiatan Outbound, Pendekatan STEM, Pemahaman Konsep
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Putri Indah Mawarni - Personal Name
|
Student ID |
2018020028
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |