ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS VI TERBITAN KEMENAG DAN ERLANGGA (DITINJAU BERDASARKAN TEORI W.F.MACKEY)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS VI TERBITAN KEMENAG DAN ERLANGGA (DITINJAU BERDASARKAN TEORI W.F.MACKEY)

XML

Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan kualitas buku teks bahasaArab kelas VI penerbit Kemenag ditinjau berdasarkan teori W. F. Mackey. 2)Untuk mendeskripsikan kualitas buku teks bahasa Arab kelas VI penerbitErlangga ditinjau berdasarkan teori W. F. Mackey. 3) Untuk mendeskripsikanperbandingan kualitas buku teks bahasa Arab kelas VI penerbit Kemenag danErlangga ditinjau berdasarkan teori W. F. Mackey.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat library research. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode dokumentasi. Kemudian, sumber data yang diperoleh dari sumber dataprimer (buku teks bahasa Arab kelas VI Terbitan Kemenag dan Erlangga) dandata skunder (buku-buku, teks artikel, jurnal). Adapun teknik analisis yangdigunakan adalah teknik analisis komparatif untuk meneliti ketergantungan dalamhubungan-hubungan antar variabel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas buku teks bahasa Arabkelas VI penerbit Kemenag mempunyai kualitas yang baik dapat dilihat dari segiseleksi mufradat yang meniliki tujuan untuk membantu siswa dalam memahamiungkapan-ungkapan bahasa Arab yang sesuai dengan tema. Dari segi gradasimenggunakan gradasi putar tidak runtut dalam penyajian tema, dalam presentasibuku ini telah memenuhi empat model presentasi, Kemudian dalam repetisiterdapat beberapa varian latihan sesuai tema yang telah dipaparkan. 2) Kualitasbuku teks bahasa Arab kelas VI penerbit Erlangga mempunyai kualitas yang baikdapat dilihat dari segi seleksi mufradat dan dilengakapi dengan ةديدجلاَترابعلا yangmeniliki tujuan untuk membantu siswa dalam memahami ungkapan-ungkapanbahasa Arab yang sesuai dengan tema. Dari segi gradasi menggunakan gradasilurus tidak dalam penyajian tema, dalam presentasi buku ini telah memenuhiempat model presentasi, Kemudian dalam repetisi terdapat beberapa varian latihansesuai tema yang telah dipaparkan. 3) kualitas buku teks bahasa Arab kelas VIpenerbit Kemenag dan Erlangga ditinjau dari teori W.F Mackey yakni seleksi,gradasi, presentasi, dan repetisi. Buku teks bahasa Arab kelas VI terbitanKemenag dari segi seleksi dan gradasi memiliki kualitas yang baik. Sedangan darisegi presentasi dan repetisi memiliki kualitas yang sangat baik. Adapun bukuBuku teks bahasa Arab kelas VI terbitan Erlangga ditinjau dari keempatkomponen penyajian memiliki kualitas yang sangat baik. Hasil analisis kualitaskedua buku tersebut, buku teks terbitan Erlangga lebih unggul dibandingkan bukuteks terbitan Kemenag.
Kata Kunci: Analisis, Kualitas Buku, Buku Teks


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ikrima - Personal Name
Student ID
Ikrima NIM: 2020040027
Dosen Pembimbing
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Luluk Alawiyah,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Faisal Kamal, M.Pd - - Penguji 1
Fatkhurrohman, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail