• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF GONDANG TAHUN AJARAN 2023/2024 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF GONDANG TAHUN AJARAN 2023/2024

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Bahasa Arab

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF GONDANG TAHUN AJARAN 2023/2024

    XML

    Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menerapkan model pembelajarankooperatif tipe round table untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab padasiswa kelas VIII MTs Ma’arif Gondang. 2) mengetahui peningkatan hasil belajarbahasa Arab pada siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tiperound table. 3) mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelas yangmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe round table dan kelas yang tidakmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe round table.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatankuantitatif yang dilaksanakan di MTs Ma’arif Gondang, dengan jenis penelitianeksperimen yang menggunakan desain quasi eksperimen dengan teknik nonequivalent control group design, dimana terdapat kelompok eksperimen dankelompok kontrol. Subjek penelitannya adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arifGondang yang berjumlah 48 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelaseksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran di kelas ekperimen diterapakan modelpembelajaran kooperatif tipe round table, sedangkan pembelajaran di kelas kontroltanpa menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe round table. Setelahpembelajaran selesai dilakukan tes akhir berupa soal tertulis. Kemudian hasil tesnyadianalisis dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untuk mengetahuipeningkatan dan perbedaan hasil belajar bahasa Arab diantara dua kelas tersebut.Selanjutnya untuk mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakanteknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran bahasaArab di MTs Ma’arif Gondang menggunakan model pembelajaran kooperatif tiperound table terdapat langkah-langkah yaitu: siswa secara berkelompok dudukmelingkar dan siswa menulis kalimat sederhana yang dibacakan oleh guru secarabergantian yang berhubungan dengan materi al mihnah, setelah itu siswamendiskusikan hasil jawaban dan mempresentasikan di depan kelas; 2) terdapatpeningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas eksperimen sebesar 0, 690yang termasuk ke dalam kategori sedang dan peningkatan sebesar 0, 184 untukkelas kontrol dengan kategori rendah; 3) ada perbedaan antara kelas eksperimendan kelas kontrol dengan thitung 7, 396 > ttabel 2, 012 untuk taraf signifikasi 5% danthitung 7, 396 > ttabel 2, 687 untuk taraf signifikasi 1%. Sehingga HO ditolak dan Haditerima.
    Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Round Table, Hasil Belajar, BahasaArabxvi


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Husnia Zulfie Zumala - Personal Name
    Student ID
    2020040005
    Dosen Pembimbing
    Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Muhammad Yusuf Amin Nugroho, SH.I., M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    88204
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Bahasa Arab
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail